Yuk Intip Sekolah Ramah Lingkungan Di Lombok Yang Terbuat Dari Plastik Daur Ulang!


Image Source: abc.net.au

Gempa besar yang pernah menerjang Lombok tahun 2018 lalu dan menghancurkan pemukiman, infrastruktur, serta sekolah-sekolah. Akibat kejadian ini, Classroom of Hope, organisasi asal Australia Barat yang berdiri sembilan tahun lalu berinisiatif buat mendirikan sekolah pertama di Asia yang dibangun menggunakan bahan daur ulang di Lombok.

Sekolah ini dibangun dengan materi bangunan 'eco-blocks', yang terbuat dari plastik daur ulang yang dicampur dengan kayu lho guys. Katanya nih, material ini lebih tahan dari goncangan gempa, karena lebih kuat tapi juga ringan dibandingkan batu bata biasa. Menurut pendiri Classroom of Hope, Ducan Ward, selain material yang kuat ‘eco-blocks’ ini sekaligus membersihkan lingkungan hidup, ramah lingkungan dan bisa bertahan sampai 100 tahun lho!

Image Source: abc.net.au

Buat membangun kembali SDN 4 Taman Sari yang rusak akibat gempa Lombok, Classroom of Hope bekerja sama dengan Yayasan Pelita. Kepala Yayasan Pelita, Satriawan Amri, menjelaskan awalnya warga sempat kurang yakin nih sama bahan yang dipakai. Tapi setelah melihat bahannya secara langsung, warga mulai antusias dengan pembangunan SDN 4 Taman Sari. Bahkan, anak-anak juga gak sabar buat mencoba kelas baru mereka.

Image Source: abc.net.au

Menurut Marizal guru olahraga di sekolah tersebut, SDN 4 Taman Sari sekarang udah menjadi sekolah eco-block yang sangat indah dan rapi. SDN 4 Taman Sari yang punya lima ruang kelas, cuma buruh sekitar enam hari buat waktu pembangunannyai karena bahannya, yaitu 'eco-block' bisa dirakit dengan tangan, seperti lego.


Classroom of Hope bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat supaya sekolah darurat lainnya bisa dibangun. Sekarang, udah ada 23 sekolah sementara yang dibangun dengan materi daur ulang plastik dan 4.000 anak-anak bisa kembali ke sekolah. Cool!






Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 02 September 2021 14.32 WIB