WNA Nekat Panjat Pagar Candi Prambanan. Kenapa Ya?


Image Source: Unsplash

Baru-baru ini, lagi viral di media sosial video dua warga negara asing (WNA) asal Rusia yang nekat meloncati pagar Candi Prambanan supaya bisa masuk gratis nih guys.


Di video yang viral berdurasi 2 menit 21 detik yang tersebar di medsos itu, memperlihatkan dua WNA yang sedang memanjat pagar memasuki komplek Candi Prambanan.


"Ono londo ra duwe duit tapi pengen melbu Candi Prambanan, menek brobos, viralke ae yo. Opo seko negoroe ra gowo duit opo piye yo (Ada WNA nggak punya uang tetapi ingin masuk Candi Prambanan dengan loncat pagar. Viralkan saja ya. Apa dari negaranya itu enggak bawa uang)," ujar seseorang dalam video tersebut.


General Manager PT Taman Wisata Candi Prambanan Jamaludin Mawardi, membenarkan adanya WNA yang menerobos pagar Candi Prambanan. Menurutnya, peristiwa itu terjadi pada hari Minggu (2/1) sekitar pukul 13.00 WIB.


Pihak pengelola udah menemui dua WNA ketika berada di dalam kompleks Candi Prambanan. Setelah dimintai keterangan, kedua WNA tersebut mengaku memang ingin memasuki Candi Prambanan dengan biaya lebih murah. Dari Penjelasan kedua WNA itu, harga tiket masuk candi prambanan terlalu mahal ditambah lagi adanya perbedaan harga antara wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.




Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 6 Januari 2022