WHO Keluarin Batasan Volume Suara Saat Konser Musik Maksimal 100 Desibel


Image Source: Wix

Buat lo yang hobi banget datang ke konser musik, ada kabar dari WHO tentang peraturan baru volume di konser musik nih guys. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pedoman baru terkait volume suara saat mendengarkan musik.


WHO merekomendasi batasan maksimal tingkat suara yang masuk telinga, rata-ratanya hanya 100 desibel nih guys. Aturan batas aman yang dikeluarkan WHO ini dikarenakan potensi generasi muda yang bakal berisiko kehilangan pendengarannya gara-gara sering mendengarkan suara musik keras seperti di klub malam dan konser musik.

gif

Menurut studi WHO, hampir 40 persen remaja dan orang dewasa muda berusia 12-35 tahun di negara-negara berpenghasilan menengah dan tinggi dunia udah terpapar level suara yang berpotensi merusak pendengaran lho. Yang dipengaruhi karena sering mendengar musik keras dari tempat-tempat seperti klub malam, diskotek, konser musik, dan bar.


Akhirnya WHO menyarankan pemantauan langsung tingkat suara dan menyediakan "quiet zones" atau zona tenang di beberapa tempat publik musik bergema. Hal ini dilakukan supaya meminimalisir resiko kerusakan pendengaran sehingga jika sudah terasa over loud.



Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 4 Maret 2022