Wasit Asal Indonesia Memimpin Final Bulu Tangkis Tunggal Putri di Olimpiade Tokyo 2020


Image Source: Kompas

Di final pertandingan bulu tangkis tunggal putri Olimpiade Tokyo 2020 ada sosok yang bikin netizen Indonesia geger. Karena, pertandingan tersebut dipimpin oleh wasit asal Indonesia bernama Wahyana. Wahyana sendiri adalah seorang guru olahraga sekaligus wakil kepala sekolah di daerah Gunungkidul, Sleman DIY. Kerennya lagi, Wahyana jadi satu-satunya wasit dari Indonesia.


Wahyana bercerita sebelum menjadi wasit, dirinya memulai karier sebagai atlet voli. Namun karena cedera, dia memutuskan untuk berkecimpung di olahraga bulu tangkis. Di tahun 2012, Wahyana berhasil mendapat lisensi Badminton World Federation (BWF).


Karirnya di dunia perwasitan sudah diakui dunia. Wahyana sudah banyak memimpin pertandingan internasional mulai dari SEA Games, Asean Games, Kejuaraan Dunia, Paralimpic, Piala Sudirman, Piala Thomas, World Tour Finals dan lainnya. Wahyana yang juga merupakan pengurus PBSI memiliki program untuk mencetak wasit muda dari Indonesia.


Pak Wahyana berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi satu-satunya orang asal Indonesia yang menjadi wasit di Olimpiade Tokyo 2020. Dan juga, dirinya berhasil menjadi wasit terbaik di Olimpiade Tokyo 2020.



Sukses terus pak Wahyana!





Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 4 Agustus 2021 17.18 WIB