Wanita Indonesia Ini Masuk 100 Most Influential People of 2021 Majalah Time. Siapakah Dia?


Image Source: instagram.com/AdiUtarini

Baru-baru ini, majalah Time baru saja merilis daftar 100 Most Influential People of 2021. Yang spesial di tahun ini, ada seorang wanita yang jadi perwakilan Indonesia didaftar 100 Most Influential People yang dirilis majalah Time tahun ini.


Siapa sih orangnya? Dia adalah Adi Utarini, peneliti yang pernah dibanggakan Pak Presiden Jokowi. Buat yang belum tahu, Adi Utarini adalah peneliti sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan di Universitas Gadjah Mada. Tahun ini namanya masuk sebagai salah satu orang berpengaruh versi Time dan dinominasikan oleh Melinda French Gates.


Melinda menominasikan Ibu Adi Utarini setelah kunjungannya ke Yogyakarta. Ibu Utarini juga udah mendapat kepercayaan komunitasnya dan terhadap urgensi yang dirasakan jutaan orang di dunia buat melawan demam berdarah. Dengan penelitian terobosannya, Ibu Utarini berhasil membuktikan kalau tekniknya bisa menurunkan kasus penyakit virus yang dibawa oleh nyamuk di daerahnya.


Prestasi Ibu Utarini lainnya adalah pernah dibanggakan oleh Pak Jokowi dalam akun Instagram bersama 'srikandi' lain, Tri Mumpuni. Saat itu, Ibu Adi Utarini masuk daftar 10 orang yang membantu pengembangan ilmu pengetahuan di dunia tahun ini berdasarkan Nature (jurnal ilmiah).


Selain jadi seorang peneliti, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D adalah dosen mata kuliah Kebijakan dan Manajemen Mutu dan Metode Penelitian. Di bidang mutu pelayanan, dia pernah memimpin kompartemen Mutu di organisasi Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia dan Editor Utama The Journal of Hospital Accreditation yang diterbitkan oleh KARS bersama PKMK UGM.


Selain itu, Ibu Utarini adalah Dewan Penelitian Nasional dan pernah menjadi Wakil Dekan untuk penelitian, pengabdian masyarakat, dan kolaborasi di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (2012-2016). Cool!


Congratulation Ibu Adi Utarini!





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 16 September 2021 17.02 WIB