Universitas Indonesia Jadi Salah Satu Dari 1.000 Universitas Terbaik Dunia Versi THE WUR 2022!


Image Source: Shutter Stock

Lembaga pemeringkatan Times Higher Education (THE) merilis peringkat universitas terbaik dunia versi THE World University Rankings (THE WUR) 2022 (2/9). Dari data yang dikumpulkan, Universitas Indonesia (UI) jadi satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam kategori 1.000 peringkat dunia lho!


Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat 801-1000 dunia dengan overall score 27,2-31,9. Buat masuk ke nominasi ini, UI harus bersaing dengan 1.662 perguruan tinggi dari 99 negara yang dinilai dalam The WUR 2022. Penilaian THE WUR 2022 ini, mengacu pada indikator kinerja dalam 5 area, yaitu teaching (lingkungan pembelajaran), research (volume, income, dan reputasi), citation (pengaruh riset), international outlook (staf, mahasiswa, dan riset), serta industry income (knowledge transfer).


Tahun 2021, UI unggul lewat indikator Industry Income dengan skor 80,7 dan memeroleh skor tertinggi dari 4 indikator lainnya. Nah, lewat indikator ini, THE WUR mengukur seberapa besar pendapatan penelitian yang diperoleh lembaga dari industri (disesuaikan dengan Public Private Partnership) berdasarkan dengan jumlah staf akademik yang ada.


Kerennya lagi, UI berhasil menduduki peringkat pertama sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2022. Dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, UI unggul lewat indikator International Outlook, Research, dan Teaching.


Sedangkan di wilayah Asia Tenggara, UI tempati posisi ke-17 dari 76 perguruan tinggi dengan skor yang unggul pada indikator Teaching, Industry Income, dan International Outlook.


Dari penilaian ini, UI mengungguli perguruan tinggi ternama di wilayah Asia Tenggara lainnya seperti, King Mongkut's University of Technology Thonburi (Thailand), Universiti Pendidikan Sultan Idris (Malaysia), Universiti Tenaga Nasional (Malaysia), dan Chiang Mai University (Thailand). Cool!


Siapa nih yang cita-citanya kuliah di UI?





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 03 September 2021 15.40 WIB