Tulus Akhirnya Comeback Dengan Single Terbaru Berjudul Ingkar


Image Source: instagram.com/tulus

Setelah setahun vakum gak merilis karya apapun, Tulus akhirnya kembali produktif dengan merilis single ‘Ingkar’. Walaupun keadaan saat ini yang serba terbatas, gak jadi halangan Tulus buat tetap berkarya.

Tulus bersama produser Ari Renaldi dan Erwin Gutawa berkolaborasi membuat karya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini guys. Karena pandemi Covid-19 ini, membuat mereka sulit bertemu. Ternyata di single ‘Ingkar’ ini, gak cuma bekerja sama dengan produser dan komposer ternama, Tulus juga merilis video dirinya menyanyikan langsung lagu Ingkar pada sebuah instalasi seni berkolaborasi dengan Bandu Darmawan, seorang seniman multimedia.

Tahun lalu, dalam suasana pandemi juga, Tulus meluncurkan single Adaptasi yang menggambarkan kondisi saat itu. Liriknya pun menggambarkan suasana hati yang banyak orang rasakan lewat hal sederhana.


Single ‘Ingkar’ ini punya perjalanan panjang sebelum akhirnya rilis ke platform streaming digital. Berawal pada September 2019 dari Yoseph Sitompul yang memberikan melodi buat lagu ini. Melodi ini kemudian memancing Tulus buat menuliskan deretan kalimat yang menjadi lirik indah pada Oktober 2019. Ari Renaldi pun turun tangan dan mengolah musik sedemikian rupa sampai berlanjut membangun kolaborasi dengan Erwin Gutawa yang akhirnya terbayar di tahun ini.





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 13 Agustus 2021 20.30 WIB