Ternyata Tidur Dengan Lampu Menyala Berbahaya Lho!


Image Source: Unsplash

Setiap orang emang punya kebiasaan yang berbeda-beda saat tidur. Ada yang tidur dengan lampu menyala ataupun dimatikan. Tapi tau gak sih! Buat lo yang tidur dengan lampu menyala ternyata berbahaya lho buat kesehatan.


Menurut Bright Side, ada beberapa bahaya yang timbul saat seseorang tidur dalam keadaan lampu menyala! Nah, berikut masalah yang bisa ditimbulkan kalau lo tidur dengan lampu menyala.


1. Masalah pada jantung.

Melatonin gak cuma bisa menurunkan suhu tubuh, tapi juga tekanan darah. Ketika tubuh terkena cahaya saat malam hari, produksi melatonin bakal ditekan oleh tubuh, yang menyebabkan tekanan darah juga meningkat. Hal ini, bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.


2. Membahayakan kesehatan reproduksi.

Sebuah studi menemukan, kalau paparan cahaya dimalam hari bisa meningkatkan resiko infertilitas atau kondisi sulit bisa hamil.


3. Berat badan bertambah.

Katanya kalau tubuh menerima cahaya berlebih saat malam hari, bisa membuat metabolisme tubuh melambat. Gak cuma itu, gangguan tidur dan ritme sirkadian pun bisa menyebabkan obesitas.


4. Perubahan hormonal.

Cahaya dari smartphone, komputer atauTV juga ikut berkontribusi lho terhadap defisiensi melatonin yang didapat ketika tidur. Hal ini, bikin proses biologis lainnya terganggu seperti mengurangi hormon anti penuaan serta meningkatkan hormon penuaan.


5. Menderita depresi.

Studi menemukan kalau paparan cahaya pada malam hari yang berlebihan, bisa meningkatkan resiko depresi lho! Lampu berwarna merah punya efek merugikan lebih sedikit karena kita kurang sensitif dengan gelombang merah. Di beberapa kasus, bahkan dipakai buat mengobati blues atau galau.


Kalau kalian tim yang mana nih, tim tidur dengan lampu menyala atau tim matiin lampu?





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 17 September 2021 13.23 WIB