Ternyata Ini Alasan Menghilangnya Instalasi Sepatu Kompas Di DKI Jakarta


Image Source: Viva

Instalasi sepatu raksasa di DKI Jakarta yang sempat dipamerkan dibeberapa titik di Jakarta mendadak menghilang nih guys. Sepatu raksasa yang berjudul ‘Xpresikan Warnamu’ ini, merupakan hasil kolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board (JXB) dengan merek sepatu lokal, Compass.


Nah, menurut kabar terakhir yang beredar nih guys, instalasi yang ada di depan Stasiun BNI City, menghilang (20/9). Menurut salah satu petugas keamanan di sana,Pak Ahmad, instalasi ini diangkat pada Senin dini hari.


Sebelumnya, pada Sabtu (18/9) dini hari, sepatu raksasa yang baru beberapa hari dipasang itu jadi sasaran aksi vandalisme oleh sekelompok remaja yang tidak dikenal. Menurut kesaksian warga, aksi vandalisme ini dilakukan oleh sekelompok remaja yang terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.


Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menjelaskan kalau hilangnya instalasi sepatu ini karena akan dibersihkan guys. Hal tersebut diungkapkan Pak Riza, Senin,(20/9).


Setelah selesai dibersihkan, Pak Riza mengatakan instalasi ini bakal segera dipamerkan lagi. Dia mengaku sangat kecewa dengan aksi vandalisme itu. Padahal, instalasi ini adalah bentuk dukungan untuk para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).


Berbeda sama apa yang dijelaskan oleh Wagub DKI Jakarta, Kabid Ekonomi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Helma Dahlia, mengatakan pencopotan instalasi sepatu raksasa ini gak berkaitan dengan aksi vandalisme yang terjadi. Instalasi ini diangkat lantaran sudah selesai batas waktu pemajangannya. Hal ini berdasarkan kesepakatan yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Compass.




Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 21 September 2021 14.20 WIB