Tau Gak Sih, Ternyata Self Care Baik Untuk Kesehatan Mental Lho!


Image Source: Unsplash

Belanja saat ini emang jadi kegiatan yang yang menyenangkan khususnya buat anak muda. Bahkan, banyak sudut pandang yang menjadikan belanja sebagai salah satu bentuk self care lho!


Menurut Psikolog klinis di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Sri Juwita Kusumawardhani, mengatakan ternyata dengan berbelanja bisa jadi salah satu sarana self care atau peduli dengan diri sendiri yang bisa menimbulkan perasaan bahagia.


Bahkan nih, Ibu Juwita menyarankan buat kita untuk rutin melakukan self care dan bukan hanya saat memiliki waktu luang aja. Hal ini dilakukan untuk mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai kegiatan sehari-hari


Ada tiga cara berbelanja yang bisa dilakukan sebagai bentuk self care yang baik buat kesehatan mental nih guys. Salah satunya adalah membuat momen berharga.


Dengan lo membuat suatu pengalaman yang berharga, bisa memberikan perasaan bahagia buat diri lo. Terlebih jika momen berharga tersebut dilakukan dengan orang-orang terkasih. Misalnya, staycation dengan keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama ingin dicoba. Momen-momen ini bakal memberikan kebahagiaan dan dampak positif terhadap kesehatan mental.


Kedua, berbelanja untuk orang lain. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain terbukti bisa mengaktifkan area otak yang mengatur sistem reward. Hal ini bisa menghasilkan rasa tenang dan senang yang baik buat kesehatan mental lo.


Ketiga, berbelanja barang di daftar keinginan atau wishlist. Self care yang berarti memberikan penghargaan kepada diri sendiri, atau sering disebut dengan self reward, bisa memotivasi diri lo buat tetap semangat untuk menjalani aktivitas kedepannya.


Jadi, mulai sekarang jangan ragu ya buat Self Care atau Self Reward!