Susah Bilang Tidak? Bisa Jadi Lo Seorang People Pleaser


Image Source: Folkative

Sering ngerasa gak enakan ataupun susah berkata ‘tidak’? Bisa jadi lo adalah seorang People Pleaser lho! Walaupun terdengar positif, ternyata ‘People Pleaser’ punya konotasi yang negatif. Buat yang belum paham tentang ‘People Pleaser’ yuk kita bahas bareng-bareng.



Jadi, apasih People Pleaser itu?

Image Source: Folkative

Menurut Merriam Webster & Susan Newman, ‘People Pleaser’ adalah sebutan buat seseorang yang selalu berusaha melakukan atau mengatakan hal yang menyenangkan buat orang lain, walaupun sebenarnya bertentangan dengan apa yang ia pikir atau rasakan. Hal ini dilakukan supaya orang lain gak kecewa sama dirinya.


Seorang ‘People Pleaser’ biasanya sering banget memberikan response yang sama terhadap apa yang orang lain lakukan, walaupun sebenarnya hal itu bertentangan dengan apa yang mereka rasakan. Hal ini, membuat seorang ‘People Pleaser’ gak bisa meluapkan emosi serta cenderung gak terlalu kenal dengan dirinya sendiri lho.


Mereka sulit mengenali apa yang sedang dirasakan atau inginkan, karena pada dasarnya ‘People Pleaser’ terlalu sibuk memperhatikan perasaan orang lain dan memenuhi keinginan orang lain.



Apa sih ciri – ciri Seorang People Pleaser ?

Image Source: Folkative

Biasanya, People pleaser selalu susah buat berkata tidak terhadap sesuatu, sering berkata maaf walaupun gak melakukan kesalahan, takut gak diterima oleh lingkunganya, merasa gak di hargai, dan sering banget merasa rendah diri.


Seorang People Pleaser, cenderung lebih mementingkan kepentingan orang lain dibanding kepentingan dirinya sendiri. People pleaser sering banget gak bisa memberikan penolakan saat orang lain meminta sesuatu kepada dirinya.


Yang pada akhirnya, ini semua membentuk diri seorang ‘People Pleaser’ sesuai dengan harapan orang lain supaya dirinya bisa diterima. Kebanyakan People Pleaser bakal kehilangan jati dirinya sendiri karena terlalu sering mengikuti suara terbanyak tanpa mendahulukan perasaannya.



Gimana caranya supaya kita gak menjadi People Pleaser?

Image Source: Folkative

Menyenangkan orang lain memang hal yang baik. Tapi, kalau menyenangkan orang lain dengan cara yang berlebihan, pada akhirnya bakalan membawa dampak buruk buat diri kita. Meski terdengar positif, menjadi seorang People pleaser itu gak menyenangkan lho!


Kalian bakalan selalu merasa bertanggung jawab terhadap perasaan orang lain. Padahal kalau diingat lagi, saat itu kalian gak mikirin gimana perasaan kalian sendri. Coba deh, mulai kenali keinginan diri sendiri dari hal terkecil, ketika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, coba untuk terus terang terhadap diri sendiri lalu orang lain. Nggak perlu kok berusaha disukai semua orang, nggak perlu juga untuk mencari validasi dari orang lain.





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 13 Agustus 2021 11.14 WIB