Surabaya Jadi Kota Dengan Udara Terbersih Se-ASEAN!


Image Source: Unsplash

Baru-baru ini nih guys, kota Surabaya, Jawa Timur, berhasil meraih penghargaan ASEAN Environtmentally Sustainable City (ESC) dikategori Udara Terbersih Kota Besar lho! Surabaya diakui sebagai kota dengan udara terbersih se-ASEAN atau Asia Tenggara.


Penghargaan ini pertama kali diraih sepanjang sejarah yang langsung diterima oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi diacara "The 5 ASEAN ESC Award and the 4 Certificate of Recognition" yang digelar di Jakarta, Kamis (21/10) lalu.


Pak Eri menjelaskan ada beberapa kategori dalam penghargaan ini, yaitu clean air, clean land, dan clean water. Sedangkan Kota Surabaya meraih penghargaan dikategori clean air (udara bersih) di seluruh ASEAN. Surabaya dinilai bisa mengatasi emisi dan polusi nih guys.


Pak Eri menjelaskan gimana cara mengatasi emisi dan polusi udara yaitu dengan cara memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH). Selain itu, pemkot juga selalu melakukan inovasi mulai dari sisi airnya, tanah, dan juga udaranya.


Disisi lain, Pak Eri memamerkan sejumlah mangrove yang tersebar di beberapa titik di Kota Surabaya. Mangrove ini dikembangkan jadi tempat wisata yang bisa mengurangi polusi. Kawasan mangrove ini juga diklaim bisa memperbaiki fungsi tanah dan fungsi air.


Walaupun begitu, Pak Eri menegaskan kalau tujuan utama dirinya bukanlah penghargaan. Tapi semua yang dilakukannya bisa memberikan dampak buat kesehatan sekaligus bermanfaat bagi masyarakat Kota Surabaya.


Congratulation Surabaya!




Writer: Carissa Setyowatie - Minggu, 24 Oktober 2021