Stasiun TV Korsel Pakai Gambar Gak Pantas Saat Siarkan Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020


Image Source: The Korea Times

Lagi viral nih di Twitter, soal beredarnya screenshot tayangan salah satu stasiun TV Korea Selatan, MBC, yang menggunakan gambar dan keterangan yang gak pantas ketika menjelaskan setiap negara pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Jumat (23/7) lalu.


Akun Twitter @koryodynasty, memperlihatkan MBC menggunakan gambar pizza untuk menggambarkan Italia, pergolakan untuk Haiti, Chernobyl untuk Ukraina, salmon untuk Norwegia, ketika atlet dari tiap-tiap negara memasuki stadion di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Bukan hanya itu, ternyata MBC menyebut Kepulauan Marshall, "pernah menjadi situs uji coba nuklir untuk Amerika Serikat" dan Suriah sebagai negara yang memiliki "perang saudara yang berlangsung selama 10 tahun".


Hal ini bikin netizen memprotes dan mengkritik tayangan yang ditampilkan oleh stasiun TV MBC. Walaupun bersifat informatif, tetapi banyak yang menganggap hal itu gak pantas untuk ditampilkan karena dianggap menyinggung negara-negara tersebut guys. Setelah mendapat banyak kritik di media sosial, MBC mengeluarkan permintaan maaf lewat akun twitternya @withMBC.




Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 26 Juli 2021 19.49 WIB