Sering Ngerasa Hidup Lo Gini-Gini aja? Bisa Jadi Lo Lagi Ada Di Stuck-Unstuck Situation


Image Source: Getty Image

Pernah gak sih lo ngerasa kok hidup gini-gini aja? Ngerasa stuck ketika udah ada di suatu titik tertentu, udah gak ada tujuan lagi, dan ngerasa hidup lo stagnant. Atau mungkin ada sesuatu yang menahan diri lo, diantara apa yang lo inginkan dan posisi lo dalam pekerjaan, bisnis, ataupun kehidupan lo.

Sebenernya kondisi ini normal apalagi di dunia pekerjaan, biasanya phase ini disebut dengan Plateu stage.

Image Source: life at Gojek

Dimana fase ini dimulai dari level yang udah ngga bisa di kembangin lagi, sehingga bikin diri lo stuck dan ngerasa gak ada kemajuan dan kehilangan tujuan. Buat lo yang lagi ngerasa kaya gini, tenang aja semua orang pasti pernah mengalami ini kok.

Dimana ketika lo udah mengerjakan sesuatu dengan waktu yang lama, tapi lo ngerasa tantangannya gitu2 aja, pasti lo bakalan ngerasa bosen atau stuck. Pasti lo pengen ngerasa hidup yang lebih bahagia dan bikin hidup lo ngerasa berkembang sekaligus didukung dengan waktu yang tepat. Yuk simak penjelasan dibawah ini!



Pernah denger konsep yang dinamakan FLOW State?

Flow State adalah keadaan dimana ketika skill lo gak sebanding sama tantangannya, maka lo bakal ngerasa anxiety. Sebaliknya, ketika skill lo lebih tinggi dibandingkan tantangannya, maka lo akan ngerasa bosen.


Jadi, Flow State itu adalah kurva yang berada di tengah-tengah, dimana skill yang kita punya dan tantangan yang kita hadapi itu sebanding. Sebenernya, agak sulit buat menemukan letak Flow kita, jadi grafik ini bisa ditarik lebih dalam lagi.


Tapi, boleh gak sih ngerasa ada di fase boredom dan anxiety?


Sebenernya ga masalah untuk sesekali ngerasain hal ini, misalnya ketika ikut suatu kompetisi, pastinya kita butuh effort lebih untuk kita bisa tanding dan keluarin usaha kita semaksimal mungkin.

Tapi, hati-hati kalo lo lagi ada di zona Apathy dan Worry, dimana lo ngerasa hidup gini-gini aja, waktu lo dihabisin cuma buat scroll Instagram, tiktok, dll, hidup lo ga berkembang bahkan sampai gak ada challenge yg mau lo capai.


Terus gimana cara biar kita ngga terjebak di zona ini?


Yang pertama pastinya rileks terlebih dahulu, ketika lo rileks maka lo akan lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan. Yang kedua, cobalah bertanya beberapa hal ini kepada diri lo sendiri:

· Apa sih hal-hal lain yang belom pernah gue coba lakuin?

· Siapa orang atau temen yang kira-kira bisa ngebantuin gue untuk naik level?

· Coba bikin tantangan, twick aktifitas lo 20% dengan cara yang berbeda, untuk menghasilkan result yang 100 % beda.

Dan yang terakhir, tenang aja ngelakuinnya, gausa terlalu buru-buru. Inget, kita semua terjebak pada waktu yang berbeda dalam hidup kita, tetapi yang paling penting adalah gimana cara kita memilih buat melewati apa yang membuat kita stuck dalam posisi itu.


Mulai kenali kemauan dan tujuan hidup lo, kasih waktu untuk berinovasi versi lo, dan jangan lupa selalu enjoy the moment. Kadang – kadang kita terlalu stuck terhadap result sehingga kurang melihat proses yang dilalui, jadinya lo ngerasa stuck dan nggak berkembang. Padahal di dalam proses itu, ada pembelajaran yang bisa lo ambil untuk bikin lo selalu berkembang dan berinovasi.





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 20 Agustus 2021 16.04 WIB