Sering Berbicara Negative Kepada Diri Sendiri? Lo Harus Baca Ini!


Image Source: Getty

Hidup manusia emang gak selalu sempurna. Dalam kehidupan yang banyak rintangannya ini, kita pasti pernah menghadapi yang namanya salah ataupun gagal. Bahkan, ada pepatah yang mengatakan kalau manusia gak pernah luput dari kesalahan. Dalam hidup ini, masih banyak hal yang harus kita pelajari supaya gak mengulang kesalahan yang udah kita perbuat.


Terkadang, kita yang hakikatnya adalah mahluk sosial dituntut buat selalu terlihat sempurna dan selalu memberikan yang terbaik buat sekitar kita. Sebenarnya salah atau gagal itu hal yang lumrah, tergantung bagaimana kita menyikapi hal tersebut. Yang jadi masalah adalah semakin banyaknya orang-orang di society yang judgemental terhadap kekurangan yang ada di diri kita.


Nah, hal ini yang tanpa kita sadari bisa membawa pengaruh buruk ke diri kita. Akibatnya, karena lo terlalu sering mendengar kata-kata judmental itu, lo jadi menyalahkan diri sendiri dan menganggap kalau lo bukan seseorang yang berguna. Tapi, pernah gak sih lo bertanya sama diri lo sendiri ‘udah seberapa sering sih gue menyalahkan diri gue sendiri?’. Ketika lo udah tau hasilnya dan End Up lo terlalu sering menyalahkan diri lo berarti lo lagi ngalamin yang namanya inner critics!

Yang jadi masalah adalah semakin banyaknya society yang judgemental terhadap kekurangan yang ada di diri kita.

Apa sih Inner Critics itu?


gif

Inner Critics adalah kondisi psikologi dimana seseorang memiliki pemikiran dan perasaan yang negatif terhadap diri sendiri yang bikin seseorang menyalahkan bahkan menghakimi diri sendiri. Hal ini biasanya muncul ketika lo gak puas dengan pencapaiannya atau gak bisa memenuhi ekspektasinya.


Awal mula munculnya Inner Critics ini muncul biasanya diawali dengan trigger yang terjadi di masa lalu. Misalnya kejadian buruk di masa lampau atau masa kecil, pengaruh lingkungan yang toxic, dan terbiasa melihat bahkan mengalami perilaku dibanding-bandingkan dengan orang lain, stigma atau steorotipe.

kondisi psikologi dimana seseorang memiliki pemikiran dan perasaan yang negatif terhadap diri sendiri yang bikin seseorang menyalahkan bahkan menghakimi diri sendiri.

Terkadang gak selamanya Inner Critics ini bersifat negatif lho! Ketika lo menangapi Inner Critics sebagai sebuah pelajaran, hal ini bisa ngebantu lo survive dalam menjalani hidup. Lo bisa belajar mengendalikan diri lo lebih baik lagi. Dengan lo mengalami hal ini, secara gak langsung lo belajar buat lebih menghargai dan mengapresiasi diri lo.


gif

Emang gak mudah buat lo melalui Inner Critics ini, tapi dengan seluruh jerih payah lo buat melewati semuanya lo jadi lebih mengenal diri lo yang sesungguhnya. Harus lo tau, kita lebih dulu harus mengenal diri kita sendiri sebelum kita ingin dihargai orang lain. Karena dengan lo terus menerus menyalahkan diri lo, cuma hanya bikin lo makin terpuruk.

tapi dengan seluruh jerih payah lo buat melewati semuanya lo jadi lebih mengenal diri lo yang sesungguhnya.

Cintai diri lo apa adanya, sadari kekurangan yang ada, dikemudian hari gak akan ada orang yang bakal bisa menjatuhkan lo. Coba deh berbicara dengan diri lo sendiri, dan bilang ‘terima kasih diri sudah bertahan dan kuat melalui ini semua. Lo hebat!’. Mulai berterima kasih dan berdamai dengan keadaan, karena dari keadaan lo bisa belajar untuk lebih kuat bahkan lebih baik dari sebelumnya.


gif

Mulai berterima kasih dan berdamai dengan keadaan, karena dari keadaan lo bisa belajar untuk lebih kuat bahkan lebih baik dari sebelumnya.


Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 5 April 2022