Sering Belanja Tapi Ternyata Gak Terlalu Butuh? Mungkin Lo Harus Baca Ini!



Belanja saat ini emang udah jadi guilty pleasure buat banyak orang. Dengan berbelanja lo bisa melampiaskan rasa stress bahkan emosi lo. Mengasyikan memang, bahkan beberapa orang menjadikan fenomena belanja ini sebagai ‘kedok’ buat self reward mereka. Padahal kalau dipikir-pikir, mereka gak terlalu membutuhkan barang yang mereka beli saat jiwa implusive mereka sedang muncul.


Tapi, pernah gak sih lo overbuying sesuatu yang sebenarnya gak lo perlukan. Hal ini terkadang bikin lo kewalahan sama financial budgeting lo. Nah, kalau lo lagi ngerasain hal ini berarti lo lagi ngalamin yang namanya Diderot Effects!



Apa sih Diderot Effect ini?


gif

Menurut pengalaman pribadi dari filsuf dari Perancis bernama Denis Diderot, Diderot Effect adalah sebuah kondisi di mana seseorang terus membeli barang baru demi melengkapi atau menyempurnakan barang yang sudah dimiliki.


Hal ini juga pernah diucapkan oleh Tyler Durden, tokoh utama di film Fight Club yang diperankan oleh Brad Pitt nih guys. “Kita membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan untuk membuat orang yang tidak kita sukai terkesan.”


Nah, belakangan ini kaum milenial dianggap jadi salah satu generasi yang konsumtif lho! Saking borosnya, generasi milenial dianggap bakal kesulitan buat membeli rumah walaupun berpenghasilan cukup. Hal ini yang bikin kita sebagai generasi millennial harus lebih berhati-hati dalam mengurus perekonomiannya. Seseorang yang mengalami Diderot Effect bakal sulit membedakan membeli sesuatu untuk keperluan mendesak, cuma sekedar penunjang penampilan, ataupun cuma buat menaikkan status sosial aja.



Terus, gimana sih cara kita buat ngatasinnya?


gif

Mulai batasin diri lo buat jangan terlalu sering datang ke mall dan kurangin scrolling belanja online. Tanamkan kedalam diri lo untuk berbelanja sesuai kebutuhan bukan keinginan. Yang terpenting kurangi gengsi lo. Karena gak selamanya lo harus mengikuti gengsi yang gak akan ada habisnya. Lo harus berusaha tetap rasionalitas dalam menjalani kehidupan terlebih saat lo mengelola keuangan.




Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 4 April 2022