Selebgram Yang Posting Foto Tubuh Editan Di Instagram Bisa Dipenjara



Di Instagram, makin banyak bermunculan akun-akun Selebgram yang memposting tubuh indah mereka demi endorsement yang lebih banyak. Tapi, makin banyak juga Selebgram atau influencer yang curang dengan mengedit bagian tubuh mereka.


Di Norwegia, ada Undang-Undang baru yang melarang untuk para Selebgram yang diam-diam mengedit foto dengan mengubah bagian tubuh dalam rangka mengiklankan sebuah produk dapat didenda dan dipenjara. Influencer Norwegia yang dibayar untuk menerima endorsement, harus memberi label dengan jelas pada postingan Instagram mereka jika foto mereka telah melalui editan.


Peraturan ini bakalan disahkan sebagai amandemen Undang-Undang Pemasaran Norwegia. Undang-undangan baru ini, dirancang oleh Kementerian Anak dan Urusan Keluarga Norwegia yang mengatur tentang postingan iklan di Instagram yang mewajibkan memberikan penjelasan bahwa foto telah diedit (mengubah bentuk, ukuran, atau kulit).

Raja Norwegia Raja Harald V, akan memutuskan kapan undang-undang ini mulai berlaku. Langkah ini dilakukan, jika platform media sosial punya potensi dampak negatif terhadap kesehatan mental. Gak cuma di Instagram, Undang-undang ini bakalan berlaku untuk postingan iklan di platform media sosial lain seperti Facebook, TikTok, Twitter, dan Snapchat.

Gimana menurut lo, kalo misalkan peraturan ini juga berlaku di Indonesia?




Image Source: Google Image

Writer: Carissa Setyowatie