Sekarang, Penumpang Transjakarta Wajib Punya STRP Mulai 12 Juli Nanti!



Kalian yang biasanya kemana-mana naik Transjakarta, perlu tau persyaratan baru ini! Karena mulai 12 Juli 2021 nanti, bakalan ada peraturan baru yaitu penumpang Transjakarta wajib punya STRP untuk bisa naik bus Transjakarta.


Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi mengatakan, penumpang wajib dilengkapi Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) mulai Senin 12 Juli 2021. Buat calon penumpang yang gak bisa menunjukkan STRP-nya tidak diperbolehkan naik bus Transjakarta.

Aturan ini mengacu pada, Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2021 tentang perubahan atas SE Menhub Nomor 43 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Covid-19 guys.

Nah, apasih STRP itu?

STRP adalah Surat Tanda Registrasi Pekerja yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta khusus buat para pekerja yang masih harus bekerja diluar rumah dimasa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, STRP ini juga ditujuan buat orang-orang yang punya kepentingan mendesak dan akan melakukan perjalanan.

Pekerja yang diwajibkan punya STRP adalah pekerja sektor esensial, pekerja sektor kritikal dan perseorangan dengan kebutuhan mendesak.

Gimana sih cara bikin STRP?

Buat registrasi STRP, berikut persyaratannya yang harus lo siapin:

  1. KTP asli.

  2. Surat tugas dari perusahaan (rombongan dapat melampirkan nama, nomor KTP, foto, dan alamat tempat tinggal dan alamat yang dituju).

  3. Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu mulai dari diumumkan/surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat).

  4. Pas Foto 4x6 berwarna (rombongan wajib ditempel pada lampiran surat tugas).

Setelah melengkapi persyaratan diatas, kalian bisa melakukan registrasi lewat website https://jakevo.jakarta.go.id. Setelah melakukan tahapan-tahapan yang ada di website, data kalian bakalan diverifikasi dan kalo udah terverifikasi, kalian bisa unduh STRP kalian di https://jakevo.jakarta.go.id.




Image Source: transjakarta.co.id

Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 12 Juli 2021 13.35 WIB