Satrio Adi Nugroho Berhasil Raih Emas Sekaligus Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi Remaja


Image Source: PABSI

Ada kabar gembira nih guys dari dunia olahraga Indonesia. Karena, Lifter remaja Indonesia Satrio Adi Nugroho berhasil mengharumkan Tanah Air dengan meraih medali emas dari angkatan snatch di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (6/10). Satrio Adi Nugroho juga berhasil memecahkan rekor dunia lho guys!


Rekor yang dipecahkan adalah di kelas 55 kg dengan angkatan snatch terbaik 111 kg. Dengan perolehannya ini, Satrio tampil mengejutkan dan menyaingi para pesaingnya. Lifter asal Jawa Barat ini, langsung mengejutkan lawan-lawannya dengan berhasil mengangkat beban seberat 101 kg lewat angkatan snatch pertamanya.


Sayangnya, diangkatan kedua dia gagal mengangkat 107 Kg. Dikesempatan ketiga, Satrio menaikkan berat angkatannya jadi 111 kg sekaligus memecahkan rekor dunia remaja. Satrio mengalahkan rekor lifter Vietnam, Do Tu Tung yang diraih pada 15 February 2020 lalu di Tashkent, Uzbekistan, dengan angkatan 110 kg.


Kepala Pelatih Tim Angkat Besi Indonesia, Dirdja Wihardja mengapresiasi perjuangan para atletnya, terkhusus Stario yang menurutnya sudah maksimal.

Image Source: PABSI

Sementara itu, lifter Indonesia lainnya yaitu Najla Khoirunnisa meraih tiga medali perunggu di kelas 45 kg putri. Tiga medali perunggu dipersembahkan dari angkatan snatch, clean & jerk, serta total angkatan. Diangkatan pertama nomor snatch, Najla berhasil mengangkat beban seberat 62 kg. Tapi kemudian gagal di percobaan kedua dan ketiga gagal setelah mencoba mengangkat 65 kg dan 66 kg .


Sedangkan di angkatan clean & jerk, Najla juga meraih perunggu dengan angkatan terbaik 80 kg. Sedangkan Najla berhasil mengangkat beban yang sama dikesempatan keduanya.


Untuk Total Angkatan, Najla meraih perunggu dengan berhasil lewat angkatan 142 kg, perak lifter Polandia, Oliwia W Drzazga(143 kg), serta emas direbut lifter Filipina, Rosa Jean Ramos(147 kg).




Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 7 Oktober 2021 18.07 WIB