Rekomendasi Makanan Buat Kalian Yang Abis Vaksin



Salah satu efek samping yang sering dikeluhkan setelah vaksin yaitu seringnya ngerasa lapar. Ternyata gak semua asupan baik dimakan usai vaksinasi, lho. Nah, maka dari itu sebelum kalian makan setelah vaksin, pastikan nutrisi yang diterima tinggi serat dan vitamin. Sehingga, rasa lapar kalian lebih terkendali.


Nah, kalo kalian ngalamin efek vaksin yang satu ini, berikut rekomendasi makanan kaya serat yang bisa lo konsumsi!


1. Kacang Polong

Kacang polong termasuk makanan yang kaya nutrisi loh guys. SELF Nutrition Data melansir, semangkuk kacang polong terdapat 9 gram serat. Kandungan tersebut bisa membersihkan racun atau zat karsinogen penyebab kanker loh.


2. Sup Ayam

Makanan sehat lainnya yang bisa disantap setelah menerima vaksin Covid-19 yaitu sup ayam. Hidangan ini punya protein tinggi yang membantu memperkuat antibodi dan menjaga sistem kekebalan tubuh.


3. Alpukat

Alpukat ternyata bisa mencegah rasa lapar berlebih. Hal ini karena adanya lemak tak jenuh yang terkandung di dalam buah ini. Data USDA menyebutkan, di dalam 100 gram alpukat memiliki 6 gram serat baik buat tubuh.


4. Ubi

Makan ubi aja kalau kalian sering craving setelah vaksin. Karena satu buah ubi berukuran sedang, biasanya mengandung sekitar 3,8 gram serat baik. Karena tinggi akan serat, ubi biasanya bisa menahan lapar lebih lama.


5. Beras Merah

Buat kalian yang gak bisa kalo gak makan nasi, apalagi jika nafsu makan sedang meningkat sehabis vaksin kalian bisa makan beras merah. Karena kandungan serat beras merah dua kali lipat lebih banyak dibandingkan nasi putih. Jadi bisa lebih lama buat nahan lapar.


6. Minum Air Putih

Terakhir, kalian harus perbanyak minum air putih setelah vaksin! CDC merekomendasikan buat minum banyak air setelah menerima suntikan vaksin coronavirus. Karena, air menambah oksigen ke darah, sehingga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif.



Image Source: unsplash.com

Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 14 Juli 2021 11.19 WIB