Ratusan Orang Blokir Sirkuit Mandalika Dengan Bakar Ban


Image Source: Kompas

Ratusan pemuda memblokir jalan depan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan membakar ban. Unjuk rasa ini dilakukan agar pemuda setempat diberi pekerjaan dalam gelaran MotoGP Mandalika.


Demonstrasi digelar pada Selasa (9/2) yang dilakukan oleh ratusan pemuda yang mengaku tergabung dalam Karang Taruna Indonesia Kecamatan Pujut, Lombok Tengah mendatangi kawasan sirkuit Mandalika. Pemuda setempat belum banyak diberi pekerjaan dalam gelaran MotoGP Mandalika. Padahal, banyak aspek kerja yang bisa diberikan kepada pemuda setempat. Mereka lalu memblokir jalan depan Sirkuit Mandalika.


Ketua Karang Taruna Desa Ketara Vena Supriadi mengatakan sejauh ini pekerjaan yang diberikan kepada pemuda setempat hanya sebagai Marshall di MotoGP Mandalika. Menurutnya, ada banyak aspek pekerjaan lain yang bisa diemban pemuda setempat. Namun, Vena mengatakan pihak PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) maupun Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tidak memberikan itu.


Setelah memblokir jalan dengan membakar ban, ratusan pemuda bergerak ke kantor PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Demo kembali dilakukan di sana dengan menyampaikan aspirasi yang sama.




Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 10 Februari 2022