Ratusan Burung Pipit Mati Mendadak Di Kantor Pemerintah Kota Cirebon. Kok Bisa?


Image Source: Detik

Hari ini (14/9), lagi heboh di media sosial soal ratusan burung pipit yang mati mendadak di lingkungan Kantor Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat nih guys.


Awal kejadian ini mulanya diketahui oleh sejumlah petugas kebersihan Pemkot Cirebon. Petugas menjelaskan sekitar 07.00 pagi, petugas kaget saat melihat ratusan burung tergeletak mati.


Apa sih kira-kira penyebabnya?


Menurut Peneliti Burung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Pak Tri Haryoko menjelaskan kalau hal ini bisa disebabkan oleh hujan asam, perubahan cuaca, keracunan pestisida ataupun adanya penyakit.


Apalagi guyuran air hujan yang deras, yang bikin bulu dari burung gak mampu melindungi atau menahan air hujan agar gak menyentuh kulit burung. Menurut riset, bulu burung terbuat dari keratin dan punya kelenjar minyak yang melindungi bulu dari air. Kemungkinan penyebab lainnya, burung bisa mengalami stres dan kedinginan kalau gak segera mengeringkan bulunya. Akibatnya, bisa berujung pada kematian pada burung seperti yang terjadi di Kantor Pemerintah Kota Cirebon.





Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 14 September 2021 19.57 WIB