Profesor Singapura Puji Jokowi Sebagai Presiden Paling Jenius Di Dunia, Kalahkan Joe Biden


Image Source: Getty Image

Baru-baru ini profesor sekaligus peneliti di National University of Singapore, Kishore Mahbubani, memuji Pak Jokowi sebagai pemimpin yang jenius dan paling efektif di dunia. Hal ini disampaikan Mister Kishore Mahbubani lewat akun twitternya @mahbubani_k.


‘The most effective democratically elected leader in the world is President Jokowi of Indonesia. Period! The case for this is incontestable. Yet, amazingly, virtually no one is aware of his remarkable leadership. My article for @ProSyn explains why.’ tulis Mahbubani.

Mister Mahbubani menjelaskan hal ini dalam sebuah artikel berjudul 'The Genius of Jokowi' yang diunggah Project Syndicate (6/10). Buat yang belum tau, Project Syndicate adalah media nirlaba yang fokus pada isu-isu internasional.


Menurut Kishore Mahbubani, Pak Jokowi telah jadi pemimpin yang patut dicontoh dan layat mendapat pengakuan atas keberhasilannya dalam memimpin. Pak Jokowi juga berhasil membuat model pemerintahan yang bisa dipelajari oleh dunia.


Secara gamblang Mister Mahbubani mengatakan, kalau Pak Jokowi berhasil menjembatani kesenjangan politik di Indonesia. Bahkan nih guys, Mister Mahbubani membandingkan keberhasilan Pak Jokowi ini dengan Joe Biden yang belum bisa atasi perpecahan.


Selain itu, dia juga menyoroti cara Jokowi membalikkan momentum pertumbuhan partai-partai paling 'islamis' di Indonesia, sebagian dengan menjadi inklusif. Dia membandingkannya dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang memperdalam perpecahan di Brasil.


Ditambah lagi, Pak Jokowi juga berhasil menyatukan kembali negaranya secara politik. Mister Mahbubani mengutip perkataan Pak Jokowi yang mengatakan 'Pilar ketiga ideologi Indonesia, Pancasila, menekankan persatuan dalam keragaman'. Oleh karena itu, pembangunan koalisi yang terampil menyebabkan disahkannya omnibus law tahun lalu, yang bertujuan buat meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja baru.


Perkataan Pak Jokowi ini yang membuat Mister Kishore Mahbubani menyebut Pak Jokowi berhasil menetapkan standar baru dalam pemerintahan Indonesia.




Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 8 Oktober 2021 12.30 WIB