PM Belanda Minta Maaf ke Indonesia Jokowi Soal Kekerasan Saat Perang Tahun 1945-1949


Image Source: Reuters

Pemerintah Belanda baru-baru ini meminta maaf ke Indonesia terkait kekerasan yang dilakukan tentara Belanda ke tanah air dalam perang 1945-1950 lalu nih guys. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan kejadian dimasa lalu tersebut adalah kekerasan ekstrem.


"Penelitian ini mendorong saya untuk mengulang lagi permohonan maaf, di sini dan saat ini: Atas kekerasan ekstrem yang sistematis dan meluas yang dilakukan Belanda pada tahun-tahun itu dan pandangan yang konsisten oleh kabinet-kabinet sebelumnya," tulis Rutte dari situs resmi Pemerintahan Nasional Belanda, Jumat (18/02).


PM Rutte juga menyebutkan institusi-institusi Belanda yang membuat kekerasan ekstrem ini bisa terjadi adalah pemerintah, parlemen, angkatan bersenjata, dan lembaga peradilan.


Dia juga menulis permintaan maaf ini mengulang permohonan maaf yang pernah disampaikan oleh Raja Belanda Wilem Alexander tahun 2020 lalu. Saat kunjungan ke Jakarta Raja Belanda itu menuturkan permintaan maaf atas 'kekerasan berlebihan' pada masa revolusi tahun 1946-1949. Permintaan maaf ini adalah buah hasil dari penelitian dengan judul 'Dekolonisasi, Kekerasan dan Perang Indonesia, 1945-1950'.




Writer: Carissa Setyowatie - Sabtu, 19 Februari 2022