Pernah Alami Penolakan? Bukan Berarti Lo Gak 'Worth It'!


Image Source: Folkative

Pernah tahu kisah pebisnis sukses Jack Ma? Mungkin yang lo selama ini banyak lo dengar adalah pencapaian beliau yang bisa seperti sekarang. Tapi, lo tau ngga sih dibalik itu Jack ma pernah di tolak 10 kali di Universitas idamannya, dan beliau pernah jadi satu-satu nya pelamar kerja yang di tolak padahal 23 orang pelamar di perusahaan yang sama di terima di perusahaan tersebut.


Semua orang pasti pernah alami yang namanya penolakan dalam hidup mereka. Penolakan ada macam-macam bentuknya, mulai dari ditolak kerja, pertemanan bahkan ditolak gebetan lo. Buat lo yang pernah ngalamin ini, pasti bukan hal yang gampang. Apalagi ketika lo melakukan sesuatu dengan sekuat tenaga, tapi at the end lo tau kalau diri lo gak cukup baik dalam hal tersebut. Pasti perasaan lo bakal hancur bahkan sampai putus asa. setelah itu lo kehilangan tujuan hidup lo dan yang lebih parah lo bisa depresi karena lo merasa ngga worth it.


Padahal penolakan adalah salah satu proses di hidup lo yang perlu bahkan harus lo lalui, meskipun sulit buat nerima tapi ngga ada salahnya kok buat mencoba. Terus gimana sih caranya menghadapi penolakan ini?


1. Jujur Sama Perasaan

Kalau lo sedih atau kecewa karena ditolak, luapkan aja. Hal ini bakal ngebantu lo buat meluapkan emosi yang menyakitkan setelah penolakan. Kalau mau, lo bisa ceritain kesedihan atau kekecewaan lo sama orang-orang terdekat.


2. Berpikir Positif

Mulai tanamkan di diri lo buat berpikir positif. Karena dengan lo berpikir positif bisa ngebantu buat memperbaiki perasaan dan memberikan harapan baru buat mencoba lagi.


3. Jadikan Motivasi

Ketika lo ditolak akan sesuatu, pasti ada alasan dibaliknya. Nah alasan ini, bisa lo jadikan motivasi dan pacuan buat meng-improve diri lo.


4. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Jangan jadikan penolakan jadi kesempatan lo buat menyalahkan diri sendiri. Ketika lo terpuruk bahkan sampai menyalahkan diri sendiri, gak akan ngebuat diri lo berkembang. Lebih baik jadikan momen ini buat evaluasi diri sendiri.


5. Cari Kegiatan Seru

Tentunya, lo gak bisa larut terus dalam kesedihan. Buat mengatasinya, lo bisa melakukan kegiatan seru seperti belanja, jalan-jalan, baca buku, nonton film, atau kegiatan yang lo sukai sebagai distraction buat melepaskan kesedihan setelah penolakan.


Ingat, penolakan ini bukanlah hal yang bisa dihindari dan ngga selalu bisa lo kontrol. Sebagai salah satu proses dalam hidup untuk membuat lo jadi yang lebih baik lo harus hadapi penolakan tersebut. Anggap aja penolakan tersebut sebagai salah satu trigger dan pembelajaran yang berharga. Dan tenang aja lo selalu bisa memulai kembali dan nemuin opportunity yang mungkin ngga pernah lo pikirkan sebelumnya. Jadikan penolakan sebagai proses buat lo melangkah lebih maju.


Gapapa kalau lo ngerasa sedih, marah atau kecewa. Biarkan emosi ini meluap tapi, jangan berlarut-larut. Rasakan secukupnya, jadikan penolakan ini sebagai kekuatan lo buat bangkit dan selalu berkembang.





Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 06 September 2021 11.36 WIB