Peringati Hari Batik Nasional Axton Salim Luncurkan Batik Awan Harapan


Image Source: Istimewa

Memperingati hari batik nasional tahun 2021, pengusaha Axton Salim mendesign motif Batik Awan Harapan, yang berkolaborasi dengan para ibu-ibu pembatik di Rusun Binaan JKT Creative nih guys!


Kolaborasi ini adalah sebuah ajakan buat kita tetap semangat, saling membantu, bergotong royong, yang terinspirasi dari para pembatik yang mengerjakan koleksi ini bersama-sama bahu-membahu walaupun penuh dengan keterbatasan.


Pak Axton mendesign motif batik ini gak sembarangan. Menurutnya, Awan Harapan adalah simbol harapan dan kebahagiaan yang bakal datang di masa sulit seperti sekarang ini.


Kecintaan dan kepedulian Pak Axton Salim terhadap batik yang membawa dirinyanya ke sebuah kolaborasi bareng Ibu Rusun binaan JKT Creative, dan One Fine Sky label local dengan misi sosial kesejahteraan Pendidikan anak.


Pak Axton memilih batik karena, setiap tahunnya masyarakat Indonesia merayakan hari batik nasional, dan hal ini jadi kesempatan yang baik buat mengenal lebih dalam makna batik guys. Apalagi, batik dinobatkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.


Menurut Pak Axton, batik adalah sebuah karya seni, sebuah teknik menghias kain dengan menggunakan canting dan malam. Setiap motif adalah doa, simbol dan harapan, dan merupakan gambaran keadaan sebuah masyarakat, sebuah budaya, kebiasaan, adat istiadat.


Kerennya, setiap penjualan kemeja Batik Awan Harapan ini sebagian profitnya bakal disumbangkan buat membantu program pemberdayaan Ibu Rusun binaan JKT Creative lewat pelatihan batik dan satu set seragam sekolah dan quota internet buat anak-anak rusun binaan yang disalurkan lewat One Fine Sky.


Bagi yang belum tau, One Fine Sky adalah projek sosial yang dirintis Yuni Jie dan Claudia Halim sejak tahun 2017. Dinahkodai oleh Jenfilia Suwandrei Arifin dengan berfokus pada kesejahterahan pendidikan anak. Kerennya lagi, tim One Fine Sky udah mendistribusikan lebih dari 10,000 seragam sekolah ke berbagai daerah di pelosok Indonesia lho!


Selanjutnya, JKT Creative adalah perusahan retail dengan misi sosial yaitu memberdayakan perempuan khususnya Ibu Rusun melalui kreativitas. JKT Creative juga udah berhasil membina 100 Ibu Rusun di Jakarta. JKT Creative di dirikan oleh Iwet Ramadhan dan Veronica Tan di tahun 2017 dengan misi sebagai penghubung antara pelaku industry kreatif dengan perajin.

Buat kalian yang tertarik membeli koleksi batik terbatas ini, udah bisa dibeli mulai tanggal 29 September 2021 di One Fine Sky dengan menghubungi nomor 08111929109 lho guys!





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 30 September 2021