Pemerintah Batalkan PPKM Level 3 Saat Nataru


Image Source: Unsplash

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Pak Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Nah, hal ini berlaku diseluruh wilayah Indonesia nih guys.


Pak Luhut menjelaskan keputusan ini diambil karena Indonesia lebih siap dalam menghadapi momen Nataru dengan penguatan 3T (testing, tracing dan treatment) dalam satu bulan terakhir. Percepatan vaksinasi juga jadi alasan lainnya pemerintah batal menerapkan PPKM level 3 di masa libur Nataru kali ini.


Pemerintah melarang kegiatan perayaan tahun baru di seluruh pusat keramaian, seperti di hotel, pusat perbelanjaan, mall, tempat wisata dan lainnya. Pemerintah mengizinkan pusat perbelanjaan, restoran, bioskop dan tempat wisata untuk buka dengan kapasitas maksimal 75 persen dan hanya untuk orang dengan kategori hijau di aplikasi PeduliLindungi.


Nah, buat syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri, calon penumpang wajib vaksinasi lengkap dan menunjukkan hasil antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Buat orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap ataupun tidak bisa divaksin karena alasan medis tidak diizinkan untuk bepergian jarak jauh.


Sementara anak-anak dapat melakukan perjalanan dengan syarat menunjukkan hasil tes PCR yang berlaku 3×24 jam untuk perjalanan udara atau antigen 1×24 jam untuk perjalanan darat atau laut.




Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 7 Desember 2021