Pemerintah Bakal Berikan Subsidi BSU Bagi Pekerja Dengan Gaji Dibawah Rp 3,5 Juta


Image Source: Antara

Kabarnya pemerintah bakalan memberikan subsidi Bantuan Subsidi Upah atau BSU buat para pekerja dengan gaji dibawah Rp 3,5 Juta nih guys. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang menjelaskan kalau bantuan ini akan diberikan kepada 8,8 juta pekerja.


Program BSU ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo dan termasuk kedalam bagian Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) tahun anggaran 2022. Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi memastikan Bantuan Subsidi Upah ini bakal cair bulan April 2022 mendatang dengan nilai bantuan sebesar Rp 1 juta perpenerima.


Per 1 April, realisasi PEN 2022 udah mencapai 6,4 persen dari dana alokasi sebesar Rp 455,62 triliun yaitu berjumlah Rp 29,3 triliun. Alokasi dana ini diperinci mulai dari penanganan kesehatan dengan nilai anggaran Rp 1,55 triliun, perlindungan masyarakat Rp 22,74 triliun, dan penguatan ekonomi Rp 5 triliun.


Untuk persyaratannya, pemerintah menetapkan beberapa poin untuk dipenuhi calon penerima subsidi BSU, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK.

  • Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021.

  • Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta.

  • Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah

  • Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral).


Nah, buat lo yang penasaran apakah lo terdaftar dalam bantuan subsidi pemerintah kali ini lo, lo bisa cek di website kemnaker.go.id. Pencairan dana BSU ini hanya dilakukan lewat rekening BNI, BTN, BRI dan Mandiri.




Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 6 April 2022