Pembangunan Proyek Taman Komodo Tetap Berlanjut Meski Ada Larangan Dari UNESCO


Image Source: AFP

Kabarnya nih, pemerintah Indonesia telah menerima peringatan dari UNESCO tentang proyek pembangunan Taman Komodo di pulau Komodo lho guys. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan kalau pembangunan proyek pariwisata "Taman Jurassic" bakalan tetap berlanjut, walaupun UNESCO udah memperingatkan kalau rencana itu bisa berdampak negatif terhadap lingkungan.


Nah, Pembangunan sejumlah proyek pariwisata di Taman Nasional Komodo, yang jadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini udah dimulai sejak tahun lalu. Kegiatan itu memicu kekhawatiran tentang ancaman terhadap ekonomi setempat dan habitat komodo.Bulan lalu, pejabat Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengatakan dalam konferensi Komite Warisan Dunia kalau proyek ini memerlukan penilaian dampak lingkungan baru terkait masalah penangkapan ikan ilegal dan potensi risiko terhadap habitat alami komodo.


Tapi nih, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem KLHK,mengatakan kepada Reuters tetep kekeh kalau proyek ini bakalan terus dilakukan dan gak bakalan berdampak kepada lingkungan.


Pihak UNESCO bilang pada pertemuan bulan lalu, kalau mereka meminta penilaian terbaru dari pemerintah Indonesia, tetapi belum mendapat tanggapan nih. Wiratno mengatakan penilaian baru sedang disusun dan dapat dikirim pada September.


Belum jelas proyek nih seperti apa proyek yang berpusat di Pulau Rinca itu. Tahun lalu, pemerintah menjelaskan bakalan membangun "tempat wisata premium" di kawasan tersebut.





Writer: Carissa Setyowatie - Sabtu, 7 Agustus 2021 21.11 WIB