Parasite! Film Asia Pertama yang Menang Oscar

Guys, pasti kalian udah gak asing lagi deh dengan film asal Korea Selatan yaitu Parasite. Berhasil mendobrak ajang film bergengsi dunia yaitu Oscar (92nd Academy Awards) pada tahun 2020 lalu, film Parasite menjadi sebuah kemenangan besar bagi industri film Asia. Berdurasi 132 menit, film Parasite di sutradarai oleh Bong Joon Ho ini bertabur aktor dan aktris ternama Korea Selatan seperti Song Kang-ho, Choi Wo-sik, Park So Dam, dan Jang Hye Jin.

Parasite merupakan film yang memiliki cerita sederhana dengan kisah imobilitas sosial dan disparitas kekayaan yang digarap dengan sangat baik dan dramatis oleh sutradara Bong Joon Ho. Kesenjangan sosial antara keluarga kaya dan miskin yang menimbulkan konflik dan berakhir sangat tragis.

Diawali dengan kisah sebuah keluarga yang miskin, tinggal di basement dan kumuh, membuat keluarga dari pasangan Kim Ki-taek dan Choong-sook, serta kedua anaknya yaitu Kim Ki-woo dan Kim Ki-jung harus bertahan dengan kondisi mereka yang sangat miskin.

Kim Ki-woo bertemu dengan seorang temannya untuk menawarkan Ki-woo menjadi seorang guru les Bahasa Inggris untuk seorang gadis yang kaya raya yaitu Park Da-hye dengan memalsukan ijazahnya Ki-woo berhasil menjadi guru les tersebut dan merencanakan agar semua keluarganya bisa bekerja di rumah keluarga Park tersebut. Setelah berhasil melakukan rencananya keluarga Kim menjadi parasit di keluarga Park dan keluarga Park tidak mengetahui identitas asli keluarga Kim yang menggunakan data palsu tersebut.

Film Parasite yang rilis pada 2019 ini berhasil memenangkan kategori tertinggi Oscar yaitu “Best Picture”. Selain itu Parasite juga memenangkan kategori lain seperti Best Original Screenplay, Best International Feature Film dan Best Director. Fyi nih guys, kalau film Parasite ini merupakan film pertama yang menggunakan bahasa asing selain Inggris di sejarah kemenangkan Oscar. Sebelum itu juga Parasite juga memenangkan Screen Actor Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cash in a Motion Picture lho! Asia patut berbangga banget dengan film satu ini.

Ets, gak berhenti sampai di situ. Parasite juga mendapatkan penghargaan Academy Award dan Palme d’Or dan Academy Award untuk film terbaik. Pada Grand Bell Awards ke-56, Parasite memiliki sebelas nominasi dan lima kemenangan. Hingga saat ini Parasite memiliki 180 kemenangan dari 299 nominasi. Ngomong-ngomong tentang Bong Joon Ho yang berhasil memenangkan best director, ia berhasil menyingkirkan sederet sutradara Hollywood seperti Quentin Tarantino (One Upon a Time in Hollywoodi), Tod Philips (Joker), Martin Scorsese (The Irishman), dan Sam Mendes (1917).

Gak hanya berhasil membuat Parasite, Hollywood pun mengakui bahwa keahliannya dalam membuat film patut disebut sebagai mahakarya seperti Memories of Murder (2003), Mother (2009), Snowpiercer (2013), dan Okja (2017).

Gimana nih guys, kalian yang pada belum nonton yakin gak pengen nontonin first film from Asia yang memiliki segudang prestasi mulai dari penyuntingan gambar, script hingga editingnya?


Tak heran juga kalau Parasite memiliki rating 8.6/10 di IMDb untuk rating dari keseluruhan film dari 563,863 orang yang udah menilai film ini!

So, buat kalian yang belum nonton Parasite cus banget ini benar-benar rekomendasi banget! Gak hanya Parasite, film-film dari Bong Hoon Jo lainnya juga bisa kamu jadikan watchlist kamu saat weekend ata

u lagi libur.

Besok-besok kita ngomongin film apa lagi ya?


1 view0 comments