Obat Covid-19 Gratis Buat Kalian Yang Lagi Isoman!



Kalian yang lagi isolasi mandiri karena Covid-19 ada kabar baik nih! Karena Pemerintah lagi bagi-bagi paket obat gratis mulai hari ini, (15/7). Nah, katanya obat yang bakal dibagikan ada 3 jenis untuk pasien Covid-19 yang tak bergejala atau OTG, dan yang bergejala.

"Ada tiga jenis paket obat isolasi mandiri yang akan kita berikan masing-masing untuk 7 hari," kata Presiden Joko Widodo di acara peluncuran paket obat gratis di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, dilansir dari kompas.

Paket 1 berisi vitamin-vitamin untuk warga dengan hasil PCR positif tanpa gejala atau OTG. Paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif yang punya keluhan panas dan kehilangan penciuman.

Terakhir, paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif dengan keluhan panas dan batuk kering. Paket ini tentunya harus dengan konsultasi dan resep dokter, khususnya dokter puskesmas ya!

Nah, gimana sih caranya buat dapetin paket obat tersebut?

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, sesuai dengan prosedur, pasien yang sedang isolasi mandiri harus tercatat dalam dokumen puskesmas atau desa/kelurahan. Puskesmas atau bidan desa bakal melakukan triase yaitu membagi pasien isolasi mandiri ke dalam beberapa kategori nih, antara lain tanpa gejala (OTG) dan pasien dengan gejala ringan. Sehingga, pembagian obat bakalan disesuaikan dengan data tersebut.

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan paket obat ini adalah bukti hasil tes PCR positif. Syarat lainnya yaitu warga yang menjalani isolasi mandiri. Kalau sudah memenuhi persyaratan tersebut, warga atau keluarga diminta untuk menghubungi bidan desa atau petugas puskesmas setempat. Nantinya, paket obat bakalan diantar ke rumah kalian yang tengah isolasi mandiri.


Yuk, langsung screening ke puskesmas terdekat kalian!




Image Source: Google Image

Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 15 Juli 2021 15.56 WIB