Nomor Induk Kependudukan Presiden Jokowi Bocor Di Aplikasi PeduliLindungi


Image Source: twitter.com/huftbosan

Lagi heboh di sosial media, Nomor Induk Kependudukan (NIK) Presiden Joko Widodo bocor di aplikasi PeduliLindungi nih guys. Seorang netizen Twitter @huftbosan, mengupload foto yang menunjukkan surat keterangan vaksinasi Covid-19 di Twitter. Ternyata, surat keterangan vaksinasi Covid-19 ini punya Pak Jokowi.


Dipostingan itu, terpampang jelas identitas lengkap Pak Jokowi mulai dari nama, tanggal lahir bahkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Barcode dua dimensi atau quick response code (QR code) juga terpampang tanpa disensor oleh pengunggahnya. Ada juga keterangan bahwa Pak Jokowi udah menjalani vaksinasi Covid-19 untuk dosis kedua 27 Januari 2021 lalu.

Dilihat dari aktivitasnya, pengunggah dengan bebas mengakses sertifikat vaksin orang lain. Buktinya halnya ia bisa memeriksa sertifikat milik Jokowi. Akun @huftbosan juga, menuding kalau Pak Jokowi udah menerima vaksin ketiga. Tapi hal ini dibantah oleh netizen lain, yang menjelaskan kalau kolom sertifikat vaksin memang udah mucul tapi belum dilakukan.


Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menyarankan akses PeduliLindungi dilengkapi dengan autentikasi dua faktor atau Two Factor Authentication (2FA). Usulan itu diberikan setelah beredar sertifikat vaksinasi Covid-19 milik Presiden Joko Widodo di media sosial.





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 03 September 2021 13.35 WIB