Netflix Bakal Hadirkan Segera Film ‘Penyalin Cahaya’


Image Source: Netflix ID

Layanan streaming Netflix kabarnya bakalan segera menghadirkan film Indonesia berjudul Penyalin Cahaya di flatform-nya nih guys. Film Penyalin Cahaya ini menceritakan kisah seorang perempuan muda bernama Sur yang hidupnya berubah setelah fotonya yang sedang mabuk tersebar luas dan membuatnya kehilangan beasiswa.


Berkat bantuan teman masa kecilnya, Amin, yang bekerja sebagai petugas fotokopi di kampus, Sur bertekad buat mengungkap kebenaran dengan meretas telepon seluler teman-teman kampusnya. Penyalin Cahaya jadi film panjang pertama sutradara Wregas Bhanuteja yang meraih sejumlah penghargaan lho.


Film ini bahkan mendominasi Festival Film Indonesia 2021 dengan meraih 17 nominasi, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Terbaik, Aktor Terbaik, dan Aktris Terbaik. Penyalin Cinta juga mendapat kesempatan diputar di Festival Film Internasional Busan 2021 dan berkompetisi dalam kategori New Currents. Wow, cool!


Sutradara Wregas Bhanuteja mengatakan, kalau film ini mengangkat isu sosial memilukan yang sering terjadi di sekitar kita. Penyalin Cahaya jadi suatu ajakan untuk berani berbicara dan bersikap melawan ketidakadilan. Penyalin Cahaya dibintangi sederet aktor muda dan berbakat, termasuk Shenina Cinnamon (Sur) dan Chicco Kurniawan (Amin).


Penampilan aktor Chicco Kurniawan sebagai Amin, juga mencuri perhatian berhasil mendapatkan nominasi Aktor Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2021. Saking kerennya, Wregas jadi sutradara Indonesia pertama yang meraih penghargaan di Festival Film Cannes setelah film pendeknya, Prenjak (In the Year of Monkey), memenangkan Leica Cine Discovery Prize di Semaine de la Critique ke-55 pada tahun 2016.


Buat lo yang penasaran sama film ini, lo bisa nonton penayangan perdana film Penyalin Cahaya mulai 13 Januari 2022 mendatang di Netflix.




Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 9 November 2021