NASA Laporkan Jakarta Terancam Tenggelam Dan Gak Bisa Diselamatkan


Source Image: NASA

Ibukota Indonesia, Jakarta emang langganan banjir tiap tahunnya. Tiap tahunnya, NASA menilai kalau Jakarta nantinya sangat beresiko tenggelam dan gak bakalan bisa diselamatkan. The National Aeronautics and Space Administration, mengungkapkan prediksi NASA, banyak faktor yang mempengaruhi kondisi Jakarta mulai dari perubahan iklim, jumlah penduduk yang terus bertambah, juga eksploitasi air di ibu kota RI itu.


"Dengan meningkatnya suhu global dan pencarian lapisan es, banyak kota pesisir menghadapi risiko banjir yang semakin besar. Itu dikarenakan kenaikan permukaan air laut," jelas NASA.


Rata-rata permukaan laut global naik sebesar 3,3 milimeter per tahun. Ini disebabkan, hujan yang intens ditambah atmosfer yang makin memanas. Dan makin diperparah dengan penyedotan air tanah dengan pompa air terus menerus. Data menunjukkan, sekitar 40 persen luas tanah Jakarta berada di bawah permukaan laut saat ini.


"Pompa air tanah menyebabkan tanah tanah tenggelam atau surut dengan kecepatan tinggi," tulis NASA diketerangannya.


Turunnya permukaan tanah Jakarta juga dipercepat oleh urbanisasi, perubahan fungsi lahan, dan pertumbuhan penduduk yang sangat cepat.


Ini dia foto perbandingan Jakarta tahun 1990 dan 2019:




Yuk, mulai jaga lingkungan buat kelangsungan hidup kita juga kok!




Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 16 Juli 2021 12.07 WIB