Monumen Kapsul Waktu Indonesia Yang Mirip Logo Avengers


Image Source: Kementerian PUPR

Monumen kapsul waktu yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mirip sama logo Avengers dari film Marvel nih. Monumen ini dibangun di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.


Desain monumen ini mirip banget sama huruf A yang ada di film Avengers dengan kaki panjang yang dikelilingi lingkaran. Di dalam monumen ini ada sebuah kapsul yang berisi tulisan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia buat Indonesia 70 tahun mendatang. Kapsul waktu ini dibawa secara estafet mulai dari Aceh ke seluruh provinsi dan berakhir di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.


Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan kapsul waktu ini bakal dibuka 70 tahun mendatang (18/9/2018).

Lokasi monumen ada di depan Kantor Bupati Merauke dan dekat Bandara Mopah yang jadi landmark baru Kabupaten Merauke dan bisa dilihat dari pesawat saat mendarat. Luas monumen ini mencapai 2,5 ha, terdiri dari 1 ha area monumen dan 1,5 ha sebagai alun-alun.


Desain arsitektur monumen ini dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia Yori Antar yang sering juga terlibat dalam desain arsitektur infrastruktur PUPR lainnya. Angka 17, 8, dan 45 dipilih jadi angka-angka kunci ukuran monumen. Monumennya memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 meter dan panjang 45 m.


Monumen ini punya lima akses masuk bangunan, yang punya arti lima suku asli Merauke yaitu Malind, Muyu, Mandobo, Mappi dan Auyu yang menjaga tugu kapsul waktu itu.


Monumen ini jadi karya seni sejarah yang diperuntukkan buat generasi penerus bangsa. Pembangunan monumen ini udah dilakukan sejak tahun 2016 dan terbagi atas dua tahap. Tahap pertama pembangunan berupa pekerjaan pondasi, sedangkan sisa konstruksi dilakukan ditahap kedua yang udah dimulai sejak Juli 2017.





Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 31 Agustus 2021 23.45 WIB