Menurut Studi, Rindu Bisa Berdampak Pada Kesehatan Mental


Image Source: Unsplash

Semua orang pasti pernah ngerasain yang namanya rindu. Tapi tau gak sih lo kalau tenyata rindu bukan hal yang sesepele itu lho guys. Ada sebuah studi yang menjelaskan kalau rindu bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental lho!


Menurut studi yang dilakukan Scientific American, seseorang yang lagi ngalamin perasaan rindu beresiko bakal mengalami peningkatan kecemasan, depresi, dan masalah seperti gangguan tidur. Studi ini juga didukung oleh riset yang dilakukan ahli saraf Pusat Penelitian Primata Nasional Yerkes.

gif

Nah menurut dugaan peneliti, jauh dari orang tersayang membuat tubuh mengalami respon fisik yang setara dengan gejala penarikan obat. Riset yang dilakukan psikolog dari University of Utah, Lisa Diamond juga berhasil membuktikan adanya reaksi fisik dalam diri manusia saat berada jauh dari pasangan.


Riset dilakukan dengan memisahkan pasangan yang terlibat dalam penelitian selama empat hingga tujuh hari. Hal ini menimbulkan reaksi pada manusia mulai dari susah mengontrol emosi hingga mengalami gangguan tidur. Mereka juga menunjukan adanya peningkatan kadar stres dan kortisol, kecemasan, serta kenggaknyamanan fisik selama berada jauh dari pasangan.




Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 7 Maret 2022