Menurut Studi, Meme di Internet Bisa Membantu Mengurangi Kecemasan


Image Source: Freepik

Pandemi sekarang ini, ngeliatin meme di internet udah jadi kebiasaan nih guys. Banyak orang yang ngelihat meme ini sebagai hiburan dan mengisi waktu luang. Tapi taugak sih lo, menurut beberapa penelitian, ada beberapa efek baik meme yang bermanfaat buat kesehatan mental sebagai mekanisme koping di masa pandemi.


"Tapi taugak sih lo, menurut beberapa penelitian, ada beberapa efek baik meme yang bermanfaat buat kesehatan mental sebagai mekanisme koping di masa pandemi."


Sebuah penelitian berjudul “Internet Memes Related to The Covid-19 Pandemic as a Potential Coping Mechanism For Anxiety” yang ditulis oleh Umair Akram, dkk, meneliti 80 orang yang punya gejala kecemasan yang signifikan secara klinis dan 80 kontrol yang tidak cemas. Mereka menilai keseimbangan emosional, humor, keterkaitan, kemampuan berbagi, dan serangan dari 45 meme internet selama Covid-19.


Berikut beberapa dampak positifnya:


1.Meme bisa membantu orang buat lebih menerima situasi buruk


Masa-masa sulit seperti pandemi ini emang ngebatasin pergerakan dan sosialisasi orang, bahkan memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang juga lho. Jurnal berjudul “Finding Comfort in a Joke” yang ditulis oleh Varen Baaren, dkk (2009) juga menemukan kalau humor sangat penting buat menjaga kesehatan fisik dan psikologis. Mereka menemukan bahwa menggunakan humor sebagai "obat" alternatif secara konsisten yang bisa membantu mengatur emosi dan dianggap efektif sebagai mekanisme koping buat menghadapi situasi stres dan negatif.


2. Meme bisa membantu orang yang cemas buat beradaptasi


Banyak meme internet yang digunakan saat ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang dianggap berbahaya, menggambarkan tema isolasi dan kematian. Tapi, kelompok orang yang cemas dan tidak cemas memiliki pandangan tersendiri terhadap meme yang beredar. Dalam sebuah penelitian berjudul, “Bagaimana remaja menggunakan media sosial untuk mengatasi perasaan kesepian dan kecemasan selama penguncian COVID-19,” peneliti Cauberghe dan rekannya juga menentukan kalau individu yang cemas yang menggunakan media sosial sebagai strategi koping dalam konteks pandemi saat ini, dengan berbagi dan melihat konten lucu terkait COVID-19, kemungkinan besar akan meningkatkan mood positif mereka.


3. Meme menyatukan kebersamaan dan mengembangkan sistem pendukung


Meme internet terkait pandemi saat ini bisa digunakan secara konstruktif buat membantu individu yang mengalami kecemasan menghadapi Covid-19. Oleh karena itu, dengan berbagi meme yang terkait dengan pandemi sekarang ini, individu yang cemas bisa membentuk ikatan sosial dan emosional dengan orang lain, sehingga menciptakan dukungan sosial. Dengan berkomunikasi satu sama lain, orang gak akan ngerasa sendirian.




Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 6 Januari 2022