Menurut Riset, Di Usia 23 Tahun Orang Mulai Jarang Tertawa?


Image Source: Unsplash

Sebagai mahluk yang perasa, setiap manusia pasti pernah tertawa apalagi kalau ngeliat hal-hal yang lucu. Tapi, ada penelitian terbaru yang bilang kalau orang cenderung mulai kehilangan selera humor mereka diusia 23 tahun lho!


Menurut penelitian yang dilakukan Stanford University California, menunjukan kalau frekuensi orang tertawa atau tersenyum mulai menurun saat kita berusia 23 tahun. Jennifer Aaker dan Naomi Bagdonas seorang profesor psikologi di Stanford Graduate School of Business, menjelaskan hal ini lewat bukunya yang berjudul “Humour, Seriously".


Dibuku tersebut, Aaker dan Bagdonas melakukan survei yang dilakukan kepada 1,4 juta orang dari 166 negara berbeda buat mengukur berapa kali mereka tertawa atau tersenyum dalam sehari. Hasilnya menunjukkan. rata-rata orang mulai jarang tersenyum dan tertawa saat mulai memasuki usia 23 tahun. Hal ini yang bikin mereka percaya, bahwa memasuki dunia kerjajadi penyebab berkurangnya senyum dan tawa.


Aaker dan Bagdonas mengklaim penyebab berkurangnya senyum dan tawa ini adalah humor yang "kurang dimanfaatkan" di dunia kerja. Menurut penelitian, anak berusia empat tahun rata-rata tertawa hingga 300 kali per hari, sedangkan yang berusia 40 tahun tertawa 300 kali dalam 10 minggu.


Jadi, masih inget gak kapan lo terakhir kali tertawa?





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 02 September 2021 12.45 WIB