Menurut Penelitian FISCM, Perempuan Indonesia Lebih Mudah Depresi Dibandingkan Pria


Image Source: Unsplash

Tau gak sih lo, kalau ada penelitian yang mengatakan perempuan lebih mudah depresi dibandingkan laki-laki lho. Hal ini di kemukakan oleh ahli kesehatan jiwa, dr. Nalini Muhdi, Sp.KJ(K), FISCM, kalau perempuan 1,5 sampai 3 kali lipat lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan pria. Tapi, angka ini masih diperdebatkan karena jumlah laki-laki yang terdata masih terbatas.


Ada empat alasan kenapa perempuan lebih mudah mengalami depresi, yaitu perempuan mudah mengekspresikan perasaan, perempuan mudah meminta bantuan, perempuan mudah afektif.


Nah, di samping itu, depresi yang dialami perempuan juga disebabkan oleh pengaruh hormon karena kondisi-kondisi berikut:


gangguan disforia pramenstruasi, depresi terkait dengan kontrasepsi hormonal, aborsi dan keguguran dan depresi, kehamilan dan depresi, depresi pasca melahirkan, infertilitas dan depresi pada wanita, perimenopause, menopause, dan depresi.


Ketika seseorang yang depresi gak diobati, hal ini bisa berkembang menjadi depresi mayor lho. Mulai dari bipolar sampai depresi kronis. Depresi bisa dibilang memasuki fase depresi mayor ketika beberapa gejala ini timbul seperti, penurunan mood, murung, alami gangguan tidur, alami anhedonia, kelelahan, perasaan bersalah, penurunan konsentrasi, adanya pikiran untuk bunuh diri.


Walaupun depresi pada perempuan lebih tinggi daripada laki-laki, namun angka bunuh diri yang terjadi lebih banyak dialami oleh laki-laki daripada perempuan. Menurut Sample Registration Survey yang dipaparkan oleh Nalini, setiap tahun terjadi 1800 kasus bunuh diri di Indonesia karena depresi atau ada lima orang yang melakukan bunuh diri setiap harinya. Dari angka tersebut, 29 persen di antaranya adalah perempuan, sedangkan sisanya, yakni 71 persen, adalah laki-laki.


Nah, kalau lo lagi ngalamin gejala diatas, jangan pernah ragu buat minta bantuan dari orang terdekat maupun tenaga ahli ya guys!




Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 15 Desember 2021