Menurut Penelitian, Anak Yang Sering Membantu Orang Tua Lebih Sukses Saat Dewasa?


Image Source: Unsplash

Saat kecil, kita pasti sering disuruh oleh orang tua untuk membatu mereka ngerjain pekerjaan rumah kan? Walaupun kadang kita suka malas ngelakuinnya, tau gak sih lo kalau hal ini ternyata berpengaruh pada kesuksesan kita di masa mendatang lho!


Ada penelitian yang menunjukkan, dengan menyuruh anak buat melakukan pekerjaan rumah seperti beberes dan lain sebagainya ternyata berpengaruh baik bagi si anak lho. Anak bakal tumbuh lebih bahagia, sehat, dan jangka panjangnya bisa menjadikan dirinya dewasa yang sukses.


Menurut The Ledders, ketika anak terbiasa buat merapikan mainan, tempat tidur, atau membersihkan meja sejak kecil hal ini bakal membuat mereka nyaman mengejarkan itu jauh sebelum mereka menyadari itu adalah sebuah pekerjaan.


Sehingga ketika mereka dewasa dan mau gak mau mereka harus menyelesaikan sebuah pekerjaan maka hal itu bukanlah lagi perkara sulit. Mereka bakal merasa terbiasa dan gak bakal menentangnya. Ini karena sejak kecil mereka udah terbiasa menyelesaikan sebuah pekerjaan.


Menurut psikolog Dr. Shane Owens kepada Fatherly, kemampuan yang dipelajari anak sejak dini bakal bertahan hampir sepanjang hidup mereka. Pekerjaan rumah mengajarkan mereka kalau bertahan hidup sendiri itu perlu bergaul dengan orang lain.


Siapa nih yang sejak kecil suka bantuin orang tua?




Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 28 Oktober 2021 13.06 WIB