Memandang Wajah Gateng dan Cantik, Ternyata Berfungsi Buat Daya Ingat Dan Fokus Otak


Image Source: Unsplash

Tau gak sih lo kalau ternyata ada studi yang menjelaskan soal wajah yang ganteng dan cantik lho. Studi yang dipublikasikan oleh jurnal Evolutionary Psychology berjudul “Mating and Memory: Can Mating Cues Enhance Cognitive Performance?” ini menjelaskan tentang penelitian soal pengaruh melihat wajah pria tampan dan wanita cantik terhadap otak. Penelitian yang dilkakukan oleh Michael Baker dilakukan 2 kali dengan metode yang cukup berbeda.


Penelitian pertama dilakukan kepada 58 mahasiswa di East Carolina University. 50% dari partisipan melihat wajah orang lain yang biasa aja selama tujuh detik dan 50% lainnya melihat wajah lawan jenis yang tampan dan cantik. Kemudian, para peserta didengarkan sebuah cerita dan dites uji keingatan untuk mengukur fungsi otak masing-masing peserta.


Dari penelitian ini ditemukan bahwa peserta yang menatap wajah lawan jenis yang menarik tampan dan cantik dapat mengingat lebih detail dan banyak dibandingkan dengan peserta yang menatap wajah yang biasa saja.


Tes kedua dillakukan penelitian pada 123 mahasiswa. Peneliti melakukan hal yang sama tetapi menggunakannya dengan cara yang lebih kompleks. Sekitar sepertiga peserta memulai tes dengan melihat wajah-wajah yang menarik, sambil mendengar cerita. Kemudian mereka melihat wajah-wajah yang kurang menarik, dan terakhir mengikuti tes memori. Untuk sepertiga lainnya, urutan wajah dibalik.


Dan sepertiga terakhir melihat wajah yang biasa saja sepanjang tes. Peneliti menemukan mereka yang melihat wajah tampan sebelum mendengar cerita mengingat lebih banyak detail secara signifikan daripada mereka yang berada di dua kondisi lainnya.


Sehingga bisa disimpulkan, kalau dengan menatap wajah tampan dan cantik bisa berpengaruh pada daya ingat dan fokus otak. Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa pria jauh lebih terpengaruh oleh wajah cantik dan mengingat lebih detail dibanding wanita terpengaruh oleh wajah pria.




Writer: Carissa Setyowatie - Sabtu, 15 Januari 2022