Medali Olimpiade Tokyo 2020 Ternyata Terbuat dari Limbah Elektronik


Image Source: CNN

Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar di Jepang, gak ada habisnya membuat inovasi-inovasi baru yang gak pernah terfikirkan sebelumnya. Mulai dari kasur untuk para atlet yang terbuat dari kardus, sekarang medali olimpiade yang terbuat dari limbah elektronik.


Menurut cinsider.com, sebanyak 5000 medali emas, perak, dan perunggu dibuat untuk atlet pemenang di Olimpiade Tokyo 2020 menggunakan bahan dasar limbah elektronik (e-waste) yang di daur ulang. Beberapa barang elektronik bekas seperti telepon seluler, baterai bekas, komputer, dan barang-barang bekas elektronik lainnya turut digunakan dalam pembuatan medali olimpiade. Barang elektronik bekas ini didapat dari limbah warga Jepang sendiri yang jumlahnya cukup membludak.


Proyek ini bernama Tokyo 2020 Medal Project dan mendapat banyak respon positif dari berbagai kalangan, termasuk warga Jepang sendiri. Panitia Olimpiade Tokyo 2020 melihat, kondisi ini sebagai sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan. Bagi warga Jepang yang punya barang bekas elektronik yang sudah tidak digunakan, bisa langsung menyumbangkannya ke panitia.


Menurut olympics.com, proyek tersebut dinilai memberikan keuntungan baik bagi warga dan panitia. Keberadaan kesempatan ini mempermudah warga untuk membuang sampah dengan aman.





Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 4 Agustus 2021 17.24 WIB