Masjid Istiqlal Sabet Penghargaan Rumah Ibadah Pertama di Dunia Yang Ramah Lingkungan


Image Source: Kemenag

Baru-baru ini, Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta berhasil jadi tempat ibadah pertama di dunia yang ramah lingkungan nih guys. Masjid Istiqlal menyabet sertifikat final sistem Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC).


Penghargaan ini diambil sesuai dengan penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau (green building) dalam rangka penghematan energi dan keberlanjutan lingkungan yang diterapkan Kementrian PUPR. Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, pelaksanaan renovasi Masjid Istiqlal seluas 109.547 meter persegi ini udah menerapkan prinsip bangunan gedung hijau, yang sesuai dengan amanat Peraturan Menteri PUPR Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.


Country Manager IFC untuk Indonesia dan Timor-Leste Azam Khan, mengatakan penghematan energi masjid saat ini mencapai 23 persen dengan penggunaan kran aliran rendah serta penggunaan air daur ulang dan efesiensi penggunaan air keran sebesar 36 persen.


Tahun 2019-2020, Kementerian PUPR melakukan renovasi Masjid Istiqlal dengan masa pengerjaan 424 hari yang dimulai pada 16 Mei 2019 dan selesai 13 Juli 2020 dengan total biaya sebesar Rp 511,3 miliar.


Nah, apa sih sertifikasi EDGE ini?


Image Source: EDGE

EDGE adalah sistem sertifikasi bangunan hijau yang dikembangkan oleh IFC. EDGE memberikan solusi teknis buat mengadaptasi proyek konstruksi dengan standar bangunan hijau dan menghasilkan lingkungan serta keuangan yang positif. EDGE udah mensertifikasi lebih dari 1,6 juta meter persegi luas bangunan di Indonesia, mengurangi emisi karbon sebanyak 48 ribu ton per tahun, yang setara dengan menanam sekitar 800 ribu pohon.




Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 8 April 2022