Masih Muda Tapi Sering Ngerasa Jompo? Bisa Jadi Ini Penyebabnya


Image Source: Unsplash

Belakangan ini istilah remaja jompo rame beredar di media sosial. Sejak kemunculannya, istilah ini kerap kali digunakan untuk menyebut anak muda yang mengalami pegal-pegal, mudah lelah, masuk angin, dan sakit punggung.


Banyak remaja yang nggak sungkan untuk berbagi cerita dan memperlihatkan stok obat-obatan seperti koyo dan minyak angin untuk mengatasi “kejompoan” mereka.


Terus, apa sih penyebab dan tips agar nggak menjadi remaja jompo?


Dokter sekaligus direktur RS PKU Muhammadiyah Prambanan Dien Kalbu Ady menjelaskan bahwa remaja jompo adalah istilah media sosial merujuk pada remaja yang mudah mengalami kelelahan, pegal, sakit punggung dan pinggang, badan lemas, serta sering pusing.


Keluhan-keluhan yang dialami oleh remaja jompo tersebut, dalam dunia medis nggak secara spesifik menggambarkan suatu penyakit.


Melainkan, manifestasi atau perwujudan klinis yang muncul karena adanya beberapa kondisi tertentu. Dien melanjutkan, ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab fenomena remaja jompo, antara lain kurang aktivitas fisik, anemia, darah rendah, posisi duduk yang salah, gangguan kesehatan mental, merokok dan alkohol.