Masa Karantina Internasional Dikurangi Jadi 3 Hari


Image Source: Unsplash

Ada peraturan baru nih dari pemerintah khususnya buat para Pelaku Perjalanan Internasional (PPI). Pemerintah mengumumkan kalau sekarang masa karantina diwajibkan selama tiga hari aja. Padahal, sebelumnya aturan karantina berlangsung selama lima hari.


Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, masa karantina selama tiga hari ini cuma berlaku buat para pelaku perjalanan yang udah menerima penuh dua dosis vaksin corona.


Menurut aturan terbaru Surat Edaran (SE) Kasatgas Nomor 20/2021, pemerintah mewajibkan sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi seluruh pelaku perjalanan, mulai dari testing sampai vaksinasi. Pelaku perjalanan harus mengantongi hasil negatif maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Yang kedua, sudah melakukan vaksinasi COVID-19 minimal 14 hari pasca penyuntikan. Ketiga, kewajiban testing ulang atau entry test saat kedatangan di pintu masuk.


Selain itu, pemerintah juga mewajibkan pelaku perjalanan buat melakukan tes ulang RT PCR dan menyelesaikan masa karantina. Yaitu exit test di hari ketiga untuk kewajiban karantina 3 hari dan exit test pada hari keempat untuk kewajiban karantina 5 hari.


Hal ini dilakukan pemerintah dalam mengikuti perubahan sebagai penyesuaian dengan kondisi terbaru. Selain itu, perubahan masa karantina ini jadi upaya pemulihan ekonomi bertahap lho guys.




Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 3 November 2021 12.15 WIB