Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diuji Coba Oktober 2022



Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung diprediksi siap buat diuji coba Oktober 2022 nanti guys! Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan pada Oktober 2022. Karena pada Januari 2022, seluruh beton proyek tersebut diperkirakan sudah tersambung sepenuhnya loh.


"Kalau tidak salah, akhir tahun depan (operasi). Bulan Januari proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan tersambung betonnya. Kemudian relnya pada pertengahan tahun depan dan diharapkan mulai percobaan kereta pertama pada bulan Oktober 2022," jelas Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung, Selasa (13/7) lalu.


Dengan adanya kereta cepat ini, Ridwan Kamil berharap bakal menghadirkan pusat ekonomi baru yaitu di Kabupaten Karawang, Walini dan juga Tegalluar di Kabupaten Bandung.


Selain kereta cepat, pembangunan infrastruktur jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan bakal selesai akhir tahun ini. Nah, Jalan tol ini nantinya yang akan jadi penghubung antara Bandung dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka guys.


Sebelumnya, Kementerian BUMN mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bakal ngalamin yang namanya cost deficiency (kekurangan biaya) operasi pada awal pengoperasiannya. Untuk itu, pemerintah lagi bernegosiasi nih dengan China agar mendapat bantuan pinjaman di awal operasi KCJB nanti.



Siapa nih yang udah penasaran pengen cobain naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung?






Image Source: Google Image

Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 15 Juli 2021 10.12 WIB