Keren! Universitas Gadjah Mada Jadi Tuan Rumah KRI 2021


Image Source: Getty Image

Siapa sih yang gak tau Universitas Gadjah Mada? UGM emang jadi salah satu universitas terbaik di Indonesia yang jadi incaran banyak calon mahasiswa. Tapi, kali ini kita gak bakalan ngomongin soal SBMPTN ataupun hal serupa nih guys. Jadi ada apa sih sama UGM?


Kali ini, UGM jadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia atau KRI 2021. KRI adalah kompetisi robotika tahunan buat mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemdibud Ristek).


Tapi, karena situasi pandemi Covid-19 yang lagi melanda, KRI diselenggarakan secara virtual sejak tahun 2020. Menurut Wakil Ketua I Pelaksana KRI 2021, Pak Suherman menjelaskan kalau KRI ini adalah kompetisi bergengsi yang ditunggu-tunggu mahasiswa Indonesia lho. KRI jadi ajang buat merealisasikan bakat, minat, kreativitas, dan ide di bidang robotika.


KRI 2021 kali ini, diikuti oleh 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi. Pak Suherman menjelaskan lagi nih, kalau dikompetensi ini ada 6 divisi yang dipertandingkan yaitu Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yang sebelumnya bernama Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), KRSBI Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Cool!


Mari kita dukung terus karya anak bangsa!





Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 14 September 2021 19.09 WIB