Kenalan Yuk Sama Fitur-Fitur Terbaru Dari iOS 15


Image Source: Reuters

Apple baru aja merilis sistem operasi terbarunya, yaitu iOS 15 (20/9). Gak cuma sekedar update, ternyata ada beberapa fitur baru disistem operasi ini lho! Yuk mulai bahas satu-persatu.


Ada salah satu perubahan yang paling berbeda dari iOS 15 ini guys, yaitu kemampuan buat mengatur Fokus pengguna dari Pusat Kendali. Fokus ini bikin pengguna punya lebih banyak kontrol buat memprioritaskan waktu dan perhatian. Jadi, pengguna bisa mengatur keseimbangan dan tetap fokus dengan apa yang sedang dilakukan.


Apple menyediakan beberapa Fokus seperti Work, Sleep, Driving, Fitness, Gaming, Mindfulness, Personal, dan Reading. Setiap Fokus bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan juga bisa membuat Fokus sendiri.


Pada dasarnya, fitur Fokus ini berguna buat memblokir notifikasi. Pengguna bisa menyeleksi orang dan aplikasi tertentu aja yang muncul dinotifikasi. Gak cuma itu, design Safari juga diupdate lho!


Sekarang address bar yang ada di Safari, ada di bagian bawah layar, tepat di atas deretan tombol bookmark, share, atau tab untuk membuka halaman sebelumnya. Selain tampilan yang berbeda, ada fitur baru memungkinkan membuat grup tab.


FaceTime juga mendapat pembaruan di iOS 15 ini lho! Buat pertama kalinya, orang yang gak memiliki perangkat Apple bisa bergabung dengan panggilan FaceTime dari link yang bisa dishare dan dibuka disitus pencarian. Selain itu, pengguna bisa melakukan share screen saat melakukan panggilan FaceTime lho!


Yang lebih canggih, di iOS 15, pengguna bisa mengarahkan kamera ke teks dan memilih teks dari sana. Fitur ini berfungsi buat mendeteksi teks yang ada di foto dan menyalin tanpa harus ngetik ulang lho.


Siapa nih yang udah update ke iOS 15 dan ngerasain fitur-fitur terbarunya?





Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 22 September 2021 14.38 WIB