Keluarkan ‘Steam Deck’, Valve Siap Saingin Nitendo Switch


Image Source: The Verge

Kalo lo ngaku gamers, lo harus tau konsol game yang satu ini!


Valve yang merupakan perusahaan platform distribusi game baru-baru ini merilis konsol game yang bernama Steam Deck nih guys. Konsol portable ini, kalau dilihat mirip banget sama Nitendo Switch. Tapi bedanya, controller di Steam Deck gak bisa dilepas pasang seperti Joy-Con di Nintendo Switch.


Controller dari Valve ini punya sejumlah tombol yang bisa lo dipakai saat bermain game, seperti empat tombol operasi ABXY, tombol navigasi arah, dua buah analog di kiri dan kanan layar, serta tombol Options, Quick Access, View, dan Steam. Ada juga tombol trigger di sisi kiri (left) dan kanan (right) perangkat yang mencakup lima tombol R1-R5 dan L1-L5, dan dua trackpad di kanan dan kiri layar yang bisa digunakan untuk navigasi menggunakan kursor seperti menggunakan laptop.


Secara spesifikasi, Steam Deck bisa juga disebut PC mini yang dibekali dengan layar 7 inci beresolusi 1.280 x 800 piksel. Konsol yang satu ini, dilengkapi dengan sistem operasi berbasis Linux yang menjalankan game Windows dengan bantuan Proton sebagai compatibility layer. Kerennya, Steam Deck bisa menjalankan aneka game komputer.


Buat hardware, perangkat ini mirip dengan PlayStation 5 (PS5), mulai prosesor (CPU) berarsitektur "Zen 2", pengolah grafis (GPU) AMD RDNA 2 dan RAM 16 GB. Hanya saja, jumlah inti (core) CPU konsol ini cuma ada empat buah. Buat penyimpanannya, Steam Deck punya tiga opsi media penyimpanan, yaitu 64 GB (eMMC), 256 GB (NVMe SSD), dan 512 GB (high-speed NVMe SSD). Storagenya juga bisa ditambah lagi dengan microSD loh!


Dilansir The Verge, Valve mengkonfrimasi Steam Deck bisa digunakan selama 5-6 jam kalau pengguna bermain dengan frame rate dalam game menjadi 30 FPS. Tahan lama juga ya!


Buat kalian yang berminat beli konsol game ini, Steam Deck bakal tersedia mulai Desember 2021 di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan wilayah Eropa lainnya dengan banderol termurah 400 dolar AS (sekitar Rp 5,8 juta).



Kalian berminat gak buat nyobain konsol game satu ini?





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 16 Juli 2021 12.13 WIB