Kabarnya Facebook Bakal Ganti Nama. Kenapa Ya?


Image Source: Unsplash

Ada kabar dari Facebook nih guys,yang rencananya Facebook bakal mengganti nama (rebrand) perusahaannya. Padahal, nama Facebook ini udah dipakai sejak awal didirikan di tahun 2014.


Alasannya adalah untuk merefleksikan fokus baru Facebook yaitu membangun "metaverse". CEO Facebook Mark Zuckerberg punya rencana buat mengumumkan penggantian nama ini di konferensi tahunan Facebook Connect 28 Oktober mendatang nih guys. Pergantian nama Facebook bisa jadi dilakukan lewat restrukturisasi perusahaan Facebook, seperti yang dilakukan Google tahuh 2015 lalu.


Menurut The Verge, dengan adanya rebrand ini, Zuckerberg bisa memisahkan proyek-proyek masa depannya-seperti metaverse dengan jejaring sosial Facebook yang belakangan ini mendapat banyak sorotan.


Metaverse sendiri didefinisikan Facebook sebagai "dunia online yang ditinggali orang-orang, di mana mereka saling berkomunikasi di ruang virtual". Zuckerberg memiliki visi metaverse adalah kelanjutan dari internet mobile yang menggabungkan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).


Ada kemungkinan nama baru Facebook ini bakal berkaitan dengan Horizon, yaitu aplikasi Facebook versi VR yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir, tetapi belum dirilis. Nama aplikasi tersebut belakangan diubah menjadi Horizon World setelah Facebook mendemonstrasikan Horizon Workrooms, salah satu turunannya yang ditujukan buat mendukung kolaborasi virtual di lingkungan kerja.


Ada yang bisa tebak, kira-kira apa nama terbaru dari Facebook?





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 21 Oktober 2021 11.52